< Recreation

5 Area Hijau di Jakarta yang Patut Dikunjungi

5 Area Hijau di Jakarta yang Patut Dikunjungi

Recreation

Yang terlintas di benak kita begitu mendengar kata Jakarta adalah macet dan sumpek. Semakin padatnya pemukiman, gedung-gedung pencakar langit, dan kendaraan, menjadikan Jakarta sebagai kota yang begitu memusingkan.

Tapi siapa sangka? Ibu Kota ternyata masih menyimpan beberapa area hijau yang bisa dijadikan alternatif bagi warga Jakarta yang ingin merasakan sisi nyaman Jakarta. Di mana sajakah itu?

1. Kebun Binatang Ragunan
Berada di ujung selatan Jakarta, Kebun Binatang Ragunan tak hanya menjadi rumah bagi berbagai jenis satwa, tapi juga taman dengan pepohonan rindang yang membuat tempat ini sejuk dan teduh. Taman ini juga dilengkapi bangku untuk pengunjung yang ingin beristirahat. Jangan lupa mengunjungi Taman Primata Schmutzer, di mana Anda bisa melihat aneka primata yang dilindungi. Cocok untuk wisata edukasi anak Anda.

Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan
Selasa – Minggu: 07.30 – 16.00 WIB

2. Perpustakaan UI (Universitas Indonesia)
Masih di selatan Jakarta, tepatnya di perbatasan Jakarta dan Depok, di sini Anda dapat merasakan udara sejuk dan pepohonan rindang yang berada di lingkungan perpustakaan. Semua itu bisa Anda dapatkan di Perpustakaan UI. Taman di perpustakaan ini begitu nyaman dengan rumput-rumput yang ditata sedemikian baik serta kursi-kursi semen yang diletakan di bawah pepohonan rindang. Ditambah sebuah danau, pemandangan di taman ini pun semakin sedap dipandang.

Photo Source: http://uiupdate.ui.ac.id/

Gedung Crystal of Knowledge Kampus UI, Pd. Cina, Beji, Depok
Senin – Jumat: 08.00 – 19.00 WIB, Sabtu: 08.00 – 16.00 WIB

3. Taman Suropati
Bergeser ke tengah Jakarta, masih ada area hijau yang patut dibanggakan, Taman Suropati. Bagaimana tidak? Di taman ini terdapat banyak pepohonan yang memberikan udara segar.

Photo Source: http://www.amabeltravel.com/

Bagi yang hobi yoga, Anda bisa bergabung dengan komunitas yoga yang rutin latihan setiap hari Minggu, pukul 07.00 WIB. Atau bagi yang suka musik, salurkan hobi Anda dengan bergabung ke dalam komunitas musik yang juga sering menggelar latihan bersama di Minggu pagi di Taman Suropati. Salah satu komunitas tersebut adalah komunitas penggemar biola.

4. Museum di Tengah Kebun
Dari luar saja tempat ini sudah kelihatan sejuk. Dengan suasana asri, Anda akan dibuat kagum dengan indahnya panorama taman di museum yang berada di kawasan Kemang ini. Selain menikmati udaranya yang sejuk, di sini Anda juga dapat melihat berbagai benda antik yang dipajang di dalam museum.

Photo Source: https://tripplannera.com/

Jl. Kemang Timur Raya No.66, Bangka, Jakarta Selatan
Sabtu & Minggu: 09.30 – 15.00

5. Taman Cattleya

Photo Source: http://vibizmedia.com/

Satu lagi taman kota di Jakarta yang akan menyegarkan pikiran Anda, Taman Cattleya. Taman ini terletak tak jauh dari mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Taman Cattleya juga dilengkapi jogging track bagi Anda yang ingin sekalian berolahraga. Aktivitas olahraga di sini cukup menyenangkan dengan adanya pepohonan rindang, ditambah area taman yag cukup luas.

Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat
Setiap hari: 07.00 – 22.00 WIB