< Tips

5 Cara Sehat Gunakan Instagram

5 Cara Sehat Gunakan Instagram

Tips

Instagram menjadi media sosial paling diminati saat ini. Namun, tidak dapat dipungkiri jika Instagram juga memberikan efek negatif bagi penggunanya.

Menurut survei yang dilakukan oleh University of Pittsburgh pada tahun 2016 lalu, sebanyak 1500 anak muda di Britania Raya mengalami efek buruk pada kesehatan mereka karena menggunakan Instagram.

Meski begitu, masih ada cara agar dapat bermain Instagram lebih aman dan sehat. Dilansir dari Huffington Post, berikut cara-caranya.

1. Tanyakan Diri Anda Mengapa Menggunakan Instagram
Menurut seorang profesor psikologi di University of Michigan, agar dapat bermain Instagram secara sehat, analisis lah dengan tepat mengapa Anda menggunakan Instagram.

2. Lebih Sering Mengunggah, Menyukai, Memberikan Komentar, dan Kirim Pesan
Sebagian besar pengguna Instagram lebih sering melihat konten yang dibagikan daripada aktif menanggapi atau mengunggah konten sendiri. Menurut asisten profesor psikologi dan penulis utama studi dari Maastricht University, Belanda, memberikan komentar atau mengunggah foto justru lebih baik ketimbang hanya melihat-lihat foto orang lain.

3. Mengikuti dan Mengunggah Konten Positif
Anda mungkin bisa mengikuti akun-akun yang dapat membuat Anda merasa lebih baik. Contohnya, akun yang fokus pada hobi, seperti traveling atau kuliner.

4. Berhenti Mengikuti Akun yang Meresahkan
Penting untuk mengevaluasi diri, akun mana yang bisa membuat Anda bahagia, mana yang tidak. Sebagai contoh, bagi beberapa orang, mengikuti akun yang fokus pada desain rumah mungkin membahagiakan. Namun bagi beberapa orang, akun tersebut membuat mereka iri karena rumah mereka tidak sebagus itu.

5. Ingat Bahwa yang Diunggah Orang Lain Belum Tentu Kehidupan Nyata Mereka
Anda mungkin sering melihat model yang sudah Anda tahu penampilannya itu sudah diedit. Tapi begitu Anda melihat teman Anda seolah memiliki kehidupan yang indah di Instagram, Anda sudah sangat mengenal mereka di kehidupan nyata, jadi Anda tidak iri memikirkan fakta bahwa mereka memiliki kehidupan yang sangat mewah yang mereka pamerkan di Instagram.