< Recreation

5 Hal Seru yang Bisa Anda Lakukan di Gudang Sarinah Ekosistem

5 Hal Seru yang Bisa Anda Lakukan di Gudang Sarinah Ekosistem

Recreation Senin – Jumat: 10.00 – 17.00 WIB, Sabtu & Minggu: 13.00 – 19.00 WIB

Sejak digelarnya Jakarta Biennale di penghujung tahun 2015 lalu, lahirlah sebuah ruang kreatif di Jakarta bernama Gudang Sarinah Ekosistem. Ruang ini dibuat sebagai sarana alternatif bagi para seniman berbakat Tanah Air, khususnya Jakarta.

Keberadaan Gudang Sarinah Ekosistem pun telah menciptakan iklim seni yang semakin menjajikan di Jakarta. Ini terbukti dengan diadakannya beberapa program rutin dan non-rutin yang sukses digelar di ruang ini dan membuat Gudang Sarinah semakin dikenal masyarakat luas.

Jika Anda tertarik berkunjung, berikut 5 aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Gudang Sarinah Ekosistem!

1. Membeli Merchandise Band Indie dan Karya Seni
Salah satu pencetus berdirinya Gudang Sarinah Ekosistem adalah galeri seni ruangrupa yang merupakan sebuah organisasi seni rupa kontemporer yang memiliki unit-unit divisi berbeda. Salah satunya adalah unit usaha dagang, Ruru Shop. Ruru Shop sendiri merupakan sebuah toko yang menjual berbagai merchandise band indie dan juga hasil karya para seniman yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Inilah tempat yang harus dituju jika Anda sedang mencari album langka hingga terbaru atau merchandise band indie kesayangan. Tak hanya itu, Ruru Shop juga menjual hasil karya seniman seperti Marishka Soekarna, Mufti Priyanka, Capitalism Chef, dan lainnya. Karya yang dijual pun dalam berbagai bentuk, mulai dari kaos, topi, poster, goodie bag, dan masih banyak lagi.


Photo Source: 
@rurushop 

2. Mendengarkan Sekaligus Menyaksikan Siaran Radio Kontemporer
Masih berada di bawah naungan ruangrupa, Ruru Radio merupakan radio kontemporer tanpa gelombang. Yup, radio indie ini menyiarkan programnya lewat streaming. Uniknya, jika biasanya cutting edge (karya yang unik dan mempunyai perbedaan tajam dengan musik mainstream) dalam siaran radio hanya untuk satu program saja, lain halnya dengan Ruru Radio yang menjadikannya sebagai konsep utama.

Para penyiar seperti Gomblohgo, Capitalism Chef, Adjisdoaibu, Ramboy Rachmadi, Reza Mustar dan Avindy, serta program-program yang disiarkan juga sangat unik dan nyeleneh, dijamin bikin Anda terbahak-bahak. Tak jarang, Ruru Radio juga mengundang band-band indie papan atas untuk siaran langsung di sini.

 
Photo Source: 
@rururadio

3. Belanja Barang dan Jajanan Unik di Tumpah Ruah
Anda suka mengoleksi barang-barang unik? Coba datang ke sini saat berlangsung event Holy Market atau Tumpah Ruah! Event ini merupakan program rutin tiap sebulan sekali di awal bulan yang diadakan Gudang Sarinah Ekosistem. Barang-barang unik yang bisa Anda temukan di sini eperti piringan hitam, kacamata unik, pernak-pernik lucu, dan masih banyak lagi.

Selain barang, makanan dan minuman juga bisa Anda nikmati di gelaran Tumpah Ruah. Anda bisa mencicipi varian kopi, makanan ringan, sampai makanan berat. Tumpah Ruah juga menyediakan lapak khusus untuk Anda yang ingin menjual barang atau makanan.

4. Menyaksikan Konser Gigs
Selain menjadi wadah para seniman visual, Gudang Sarinah Ekosistem juga menjadi sarana untuk para musisi menampilan karyanya lewat lagu. Sudah banyak acara musik yang diadakan di sini seperti Soundsproject, A Create, konser tunggal band indie, Rrrec Fest dan lainnya.

5. Foto dengan Background Menarik
Ini kabar gembira untuk Anda yang hobi foto-foto. Gudang Sarinah Ekosistem juga menjadi tempat pameran mahakarya para seniman berbakat dalam negeri yang dituangkan ke dinding. Hasilnya yang mengagumkan bisa Anda gunakan untuk berfoto-foto.

Jika Anda juga ingin melihat langsung proses mereka melukis, Anda bisa datang saat sedang berlangsung acara gambar bersama seperti Street Dealin. Dan jika Anda ingin melakukan kegiatan photoshoot seperti foto untuk buku tahunan, Anda diharuskan untuk konfirmasi terlebih dahulu ke pihak pengelola.

Address

Jl. Pancoran Timur II No.4, Pancoran, Kota Jakarta Selatan


Operational Hours

Senin – Jumat: 10.00 – 17.00 WIB, Sabtu & Minggu: 13.00 – 19.00 WIB


SEE MAP