< Business Highlights

5 Jenis Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal

5 Jenis Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal

Business Highlights

Mendapatkan pekerjaan yang diinginkan memanglah bukan hal yang mudah terutama bagi para fresh graduate. Persyaratan yang cukup sulit, seperti memiliki pengalaman bekerja, hingga tingkat persaingan yang sangat tinggi menjadi penyebab seseorang tidak mendapakan karier yang diimpikan. Seringkali mereka terpaksa bekerja di bidang yang tidak sesuai minat.

Jika Anda tidak ingin mengalami hal seperti itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menjalankan bisnis sendiri. Memang sebagian besar bisnis memerlukan modal terlebih dulu agar dapat berjalan. Namun jika Anda menekuni bisnis online rumahan, ada beberapa bisnis yang dapat dijalankan dengan modal sedikit hingga tanpa modal sekalipun. Bisnis apa sajakah itu? Cari tahu di sini!

1. Pengiklan Situs Web (Ads Publisher)
Bisnis ini bisa Anda jalankan sendiri di rumah dengan modal yang tidak banyak. Jika Anda memiliki keahlian membuat situs web, Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis. Buatlah website dengan konten yang menarik. Namun, jangan lupa menentukan target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website tersebut, bisa Anda tambahkan iklan atau ads.

Pastikan juga memiliki jumlah visitor yang signifikan, agar nantinya pihak yang ingin beriklan tertarik memasang iklan di website Anda.

2. Sebagai List Building
Bisnis ini juga tidak membutuhkan banyak modal, hanya saja dibutuhkan ketelitian yang baik. Karena nantinya Anda akan bermain dengan data. Umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan.

Data yang diambil biasanya bersifat umum, seperti membangun list dari nomor WhatsApp atau BBM. Dari list tersebut kemudian akan dikelompokan berdasarkan usia, gender, dan lain sebagainya.

3. Menjadi Affiliate Marketer
Bisnis ini sebenarnya berhubungan dengan list building dan memiliki target pasar. Sistem pendapatan bisnis ini adalah sistem komisi.

Sebagai contoh, jika Anda memasarkan dan menjual produk dengan harga sekitar Rp 10.000 dan dijual dengan harga Rp 50.000, maka Rp 40.000 akan menjadi komisi Anda.

4. Menawarkan Jasa
Anda bisa menawarkan berbagai macam keahlian, seperti maintenance website, SEO (Search Engine Optimization), dan lain sebagainya. Dalam bisnis ini, waktu bekerja, Anda sendirilah yang akan menentukan. Bisnis jasa juga cukup efisien, karena Anda hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan koneksi internet cepat.

5. Content Writer
Menjadi seorang penulis hanya membutuhkan modal yang sangat minim. Namun, Anda harus memiliki pengetahuan yang luas, kreatif, dan memiliki gaya menulis yang menarik.

Anda bisa menggunakan keahlian menulis dengan menjadi penulis bayaran. Semakin banyaknya situs web yang bermunculan, membuat bisnis ini kian dilirik. Karena biasanya pemilik situs web akan tertarik untuk mengisi web mereka dengan konten tulisan yang juga dapat meningkatkan visitor.