< FYI

5 Jenis Bunga yang Dapat Dikonsumsi

5 Jenis Bunga yang Dapat Dikonsumsi

FYI

Ternyata, bunga tak hanya dapat digunakan sebagai hiasan, namun juga dapat dikonsumsi bahkan bermanfaat bagi kesehatan. Bunga apa saja? Berikut ulasannya.

1. Bunga Sepatu

photo source: pixabay.com

Bunga sepatu seringkali dikonsumsi dengan cara infuse. Dengan cara merendamnya dalam air yang kemudian dapat diminum langsung atau dijadikan bahan pewarna alami makanan. Selain infuse, bunga sepatu juga digunakan sebagai bahan dasar teh di beberapa negara seperti Brazil dan Mesir. Di Inggris, bunga kembang sepatu dijual dalam bentuk sirup dalam botol untuk ditambahkan ke dalam koktail buah.

2. Nasturtium

photo source: pixabay.com

Nasturtium masuk ke dalam salah satu bunga cantik yang umum dikonsumsi. Selain dijadikan hiasan, Nasturtium juga umum dicampur ke dalam semangkuk salad, roti lapis dan makanan pembuka lainnya. Rasanya renyah dan sedikit manis, seperti selada air.

3. Bunga Lonceng

photo source: pixabay.com

Di beberapa negara, seperti Cina, Jepang dan Korea, akar bunga lonceng kerap dijadikan obat. Caranya dicampur dengan salad, baik dalam keadaan segar maupun kering. Alternatif lain dengan cara direbus dan diminum airnya. Bunga lonceng diyakini bermanfaat untuk menurunkan panas, mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

4. Aster

photo source: pixabay.com

Aster atau yang juga dikenal dengan nama daisy biasa dijumpai sebagai hand-bouquet. Namun, Aster juga bisa dikonsumsi dengan cara dicampur ke dalam semangkuk salad atau roti lapis. Kelopak bunga Aster terasa cukup gurih setelah dikunyah.

5. Mawar

photo source: pixabay.com

Tidak hanya indah dipandang, siapa sangka jika bunga mawar mengandung senyawa fenolat, yang diyakini dalam pengobatan tradisional Cina memiliki sifat anti-inflamasi sekaligus kaya vitamin. Menurut Journal of Food Science mengonsumsi bunga satu ini diyakini dapat mengurangi risiko diabetes, kanker dan jantung.