< FYI

5 Pola Hidup Sehat yang Membantu Memperpanjang Usia

5 Pola Hidup Sehat yang Membantu Memperpanjang Usia

FYI

Memiliki usia panjang dengan kondisi sehat dan bugar mungkin menjadi keinginan sebagian orang. Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk mencapai harapan tersebut, selama Anda menjalani pola hidup sehat.

Dikutip dari Men's Health, para peneliti Universitas Harvard menemukan pola hidup yang bisa membantu memperpanjang usia. Setidaknya ada lima hal yang harus diterapkan, tidak merokok, BMI (Indeks Massa Tubuh) yang sehat, rajin berolahraga, tidak meminum alkohol berlebihan dan pola makan yang sehat.

Studi ini menyimpulkan, mereka yang menjalani pola hidup tersebut, bagi pria akan hidup sekitar 12 tahun lebih lama. Sementara pada perempuan usianya akan bertahan 14 tahun lebih lama.

Pola hidup sehat ini juga mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular dan kanker. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai lima pola hidup sehat yang dapat memperpanjang hidup.

1. Olahraga Teratur
Menurut penelitian, berjalan selama 30 menit sehari sudah cukup sebagai modal jika Anda ingin hidup lebih lama. Namun dengan catatan, berjalan dengan kecepatan sedang atau lebih bertenaga. Menjadi aktif juga terbukti dapat meningkatkan ingatan, memperbaiki suasana hati dan pembelajaran.

2. Pola Makan Sehat
Peneliti di Harvard meniliti pola makan menggunakan Indeks Makan Sehat Alternatif yang menekankan pada kualitas makanan, seperti biji-bijian daripada makanan yang dihaluskan, dan buah utuh dibanding buah yang dijus. Orang yang mengonsumsi makanan dengan peringkat lebih tinggi, seperti sayuran berdaun hijau, oatmeal, ikan, kacang, dan kacang polong cenderung memiliki usia yang lebih panjang.

3. Tidak Merokok
Meskipun penelitian ini mengundang orang yang tidak merokok, tapi mereka yang berkomitmen untuk berhenti merokok juga dapat memperpanjang usia. Studi yang dilakukan pada tahun 2002 menyimpulkan, orang yang berhenti merokok di usia 65 tahun, hidupnya lebih lama. Sementara pria yang berhenti merokok di usia 35 tahun memiliki tambahan usia sekitar tujuh hingga delapan tahun.

4. Berat Badan Ideal
Studi ini juga menemukan bahwa orang dengan risiko kematian dini yang rendah rata-rata memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) antara 18,5 dan 24,9. Menurut National Institute of Health, orang dengan BMI di atas 25 dianggap kelebihan berat badan, dan orang dengan BMI di atas 30 dianggap obesitas. Meskipun perhitungan ini tidak selalu dapat diandalkan, namun penelitian menunjukan, penurunan beberapa kilogram agar memiliki BMI yang normal dapat membantu Anda memperpanjang hidup.

5. Tidak Minum Alkohol Berlebih
Batas maksimal yang disarankan agar dapat Panjang umur adalah dua gelas alkohol per hari. Dalam penelitian ini, pria dianjurkan untuk minum alkohol antara 5 - 30 gram sehari atau sekitar 12 ons bir.