< Recreation

Museum Nusantara Sejarah Alam Indonesia Warisan Budaya di Indonesia

Museum Nusantara Sejarah Alam Indonesia Warisan Budaya di Indonesia

Recreation Senin

(0251) 8387703

Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang berlimpah. Ini terlihat dari banyaknya karya buatan tangan ragam suku di Indonesia yang terbuat dari kekayaan alam Indonesia pula.

Anda bisa melihat ragam karya seni sekaligus perkakas asli suku-suku Indonesia di sebuah museum yang berlokasi di Kota Bogor, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain).

Museum yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini berada tepat di sisi gerbang Istana Bogor. Tak perlu bermacet-macetan untuk dapat mencapai tempat ini, akan lebih mudah jika Anda menggunakan kereta commuter line, dan turun di Stasiun Bogor. Munasein hanya berjarak 500 meter dari stasiun.

Seperti museum-museum LIPI lainnya, saat masuk ke Munasain terasa sarat akan ilmu. Jika Anda belum mengetahui apa itu Etnobotani, mungkin akan terasa membingungkan. Namun begitu memahaminya, ternyata cukup unik, dan dekat dengan kehidupan masyarakat.

 Photo Source: https://www.kemdikbud.go.id/

Saat masuk pertama kali, Anda akan melihat zona-zona introduction. Terdapat beberapa pengenalan koleksi Etnobotani. Di zona ini Anda dapat mengetahui bagaimana manusia purba bertahan hidup karena berkompromi dengan alam.

Anda akan melihat warna dinding yang berbeda di museum ini. Masing-masing warna menunjukan zona koleksi, mulai dari zona artistik, zona obat-obatan, zona food and beverages, hingga zona perkakas. Semuanya merupakan buatan suku asli Indonesia sejak ratusan tahun lalu.

Di zona food and beverage, Anda akan menjumpai makanan dan minuman yang terbuat dari alam. Salah satu yang cukup unik di sini adalah etalase ragam khas makanan dan minuman dari berbagai etnis, mulai dari bandrek, wedang jahe, uwuh, sekoteng, dan masih banyak lagi.

Di samping zona makanan ada zona perkakas yang memajang koleksi alat-alat rumah tangga yang digunakan berbagai suku, tentunya semuanya terbuat dari alam. Terlihat satu tembok yang memamerkan 13 sendok nasi berbeda dari berbagai suku.

Salah satu etalase yang menjadi favorit pengunjung adalah etalase tenun. Terdapat beberapa kain tenun yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia, seperti Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Jepara, Badui, dan lainnya.

Selain hal-hal tersebut, tentunya masih banyak ragam karya buatan berbagai suku di Indonesia lainnya. Harga tiket untuk masuk ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia hanya Rp 5.000 per orang.

Address

Jl. Ir. H. Juanda 22 - 24, Pusat Penelitian Biologi


Phone

(0251) 8387703


Operational Hours

Senin


SEE MAP