< FYI

5 Best High Protein Foods for Weight Loss

5 Best High Protein Foods for Weight Loss

FYI

Tahukah Anda bahwa makanan dengan protein yang baik dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Ini terjadi karena protein mencerna makanan dengan lambat dan stabil, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi sangat cocok untuk Anda konsumsi jika ingin berat badan turun. Apa sajakah makanan tersebut?

1. Telur
Telur merupakan salah satu asupan terbaik untuk sarapan. Dengan hanya 140 kalori, dua butir telur mengandung 14 gram protein. Selain itu, kuning telur juga dapat menjaga kadar gula darah.

Riset menunjukan, sarapan dengan telur juga dapat mengurangi produksi hormon germelin kelaparan, mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

2. Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menjaga nafsu makan.

Dalam sebuah ulasan di jurnal nutrisi tercatat ikan laut memiliki kalori 32% lebih sedikit dan mengandung 1 gram lebih banyak omega-3 per porsi, dibanding ikan air tawar.

3. Kacang Lentil
Secangkir kacang-kacangan yang dimasak tidak hanya mengandung 18 gram protein tapi juga 15 gram serat, yang dapat memperlambat pencernaan makanan dan menstabilkan gula darah.

Dalam sebuah penelitian di Kanada, subjek yang hanya mengonsumsi seporsi kacang lentil setiap hari, berat badannya turun 0,2 kg dalam enam minggu tanpa merubah pola makannya.

4. Tempe
Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difrementasi ini mengandung 16 gram protein per tiga ons.

Seperti lentil, tempe juga menjadi sumber serat yang menakjubkan, di mana Anda akan mendapatkan 7 gram serat per sajian.

Dengan mengonsumsi tempe, Anda akan merasa kenyang lebih lama, dibanding memakan protein murni saja.

5. Tuna
Seperti salmon, tuna juga menjadi sumber hebat lainnya yang dapat membakar lemak omega-3, dan mengandung 16 gram protein per porsi tiga ons.

Anda bisa membeli ikan tuna dalam bentuk kalengan. Selain lebih murah, cara memasaknya pun lebih praktis.