< Tips

5 Tips Tetap Sehat Meski Bekerja di Depan Komputer

5 Tips Tetap Sehat Meski Bekerja di Depan Komputer

Tips

Kurangnya gerak dan mata yang lelah karena harus terus menerus duduk dan menatap layar komputer seharian selalu menjadi penyebab masalah kesehatan yang terjadi di kalangan pekerja. Jika Anda termasuk salah satunya, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah kesehatan seperti gangguan persendian, ataupun kelelahan pada mata. Dilansir dari shape.com, inilah 5 cara tetap sehat meski bekerja di depan komputer.

1. Atur Jarak Pandang
Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata. Miringkan juga layar monitor ke belakang sekitar 19 - 20º. Hal ini berguna untuk mendapatkan jarak pandang yang optimal.

Jika jarak pandang tidak seimbang, mata dan persendian berisiko mengalami gangguan seperti mata kering, sakit leher, dan bahu.

2. Banyak Minum Air Putih
Bukan hanya dapat menyehatkan, banyak mengonsumsi air putih juga dapat membuat kulit lebih lembab. Jika Anda bekerja di ruangan berAC kulit cenderung kering, karena itu dianjurkan sering meminum air putih. Selain melembabkan, air putih juga dapat mencegah Anda merasa pegal-pegal.

3. Gerakkan Tubuh
Luangkan waktu untuk menggerakkan tubuh Anda sesekali. Hal ini sangat dibutuhkan untuk meregangkan otot dan melancarkan aliran darah. Usahakan satu atau dua jam sekali melakukannya. Tak perlu gerakan yang sulit, cukup mengelilingi ruangan atau naik-turun tangga secukupnya.

4. Atur Tampilan Layar
Atur cahaya monitor agar tidak terlalu terang atau terlalu redup. Atur brightness untuk mendapatkan kontras yang tepat antara huruf dan latar belakang. Jika diharuskan membaca dokumen panjang atau menggunakan komputer dalam waktu yang lama, cobalah menggunakan layar komputer serta ukuran huruf yang lebih besar. Ada baiknya menggunakan layar komputer LCD karena lebih bisa diterima dengan baik oleh mata.

5. Sering Berkedip
Hal ini mungkin terdengar agak aneh untuk Anda, namun cara ini sebenarnya sangat membantu mengurangi resiko gangguan pada mata. Selain berkedip, menutup mata untuk beberapa saat juga bermanfaat untuk mengistirahatkan mata agar tidak kelelahan.