CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Uniknya 10 Fitur Tersembunyi Google ini

By Isny Dewi R

13 October 2020

Fitur-fitur tersembunyi Google yang patut dicoba.

Photo source: Pexels
 
 
Jika biasanya Anda menggunakan Google hanya untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Yuk, isi waktu luang Anda dengan mencoba fitur-fitur tersembunyi Google yang cukup menghibur ini!
 
1. Askew
Cobalah mengetik “Askew” di laman pencarian Google, dan Anda pun akan terkejut melihat hasil pencarian menjadi agak miring.
 
 
2. Blink Tag atau Blink HTML
Anda juga bisa mencoba fitur unik lainnya. Ketik lah "Blink Tag" atau “Blink HTML”. Setelah itu, Anda akan melihat hasil pencarian akan berkedip pada dua kata tersebut.
 
3. Breathing Exercise
Jika Anda butuh waktu sejenak untuk mengatur napas, Anda harus mencoba fitur "Breathing Exercise" di Google, yang akan mengajak Anda bernapas dengan benar selama satu menit. Cukup klik tombol Play untuk memulai.
 
 
4. Fidget Spinner
Untuk Anda yang sedang merasa bosan, coba lah mengetik “Fidget Spinner” di Google. Maka akan muncul permainan fidget spinner digital di bagian atas hasil pencarian. Cukup klik "Play" untuk memutarnya. Anda juga bisa memilih mode-nya menjadi Number atau Fidget.
 
5. Fun Facts
Kalau Anda ingin mengetahui hal-hal yang selama ini belum pernah Anda tahu, ketikan saja "Fun Facts" di kolom pencarian Google untuk mendapatkan informasi singkat yang bermanfaat sekaligus menghibur.
 
 
6. Pac Man
Apakah Anda rindu memainkan gim jadul pac man? Jika ya, Anda bisa memainkannya dengan praktis lewat Google Search. Cukup ketikan "Pac Man", lalu klik "Play" untuk mulai bermain.
 
7. Play Snake Game
Siapa yang dulunya suka memainkan gim Snake di ponsel jadul? Nah, jika Anda ingin memainkannya kembali, tinggal ketik "Play Snake Game" dan klik "Play" untuk bermain.
 
 
8. Webdriver Torso
Webdriver Torso adalah akun YouTube otomatis yang dibuat Google pada 7 Maret 2013. Akun tersebut sering mengunggah video yang menunjukkan slide sederhana disertai bunyi beep, yang digunakan untuk menguji kinerja website.
 
Jika Anda mengetik "Webdriver Torso" di laman pencarian, logo Google di bagian kiri atas akan berubah menjadi balok yang bergerak.
 
9. What Sound Does a Dog Make
Coba ketikan "What Sound Does a Dog Make" di bilah pencarian Google. Setelah itu, akan muncul daftar suara-suara hewan di bagian atas hasil pencarian. Klik ikon speaker untuk mendengarkan suara-suara tersebut.
 
 
10. Wizard of Oz
Fitur ini bisa dibilang yang paling unik. Dengan mengetik "Wizard of Oz" di Google Search, maka akan muncul sepasang sandal ruby di panel sebelah kanan atas. Klik gambar tersebut, dan Anda akan mendengar suara Dorothy berkata, "There's no place like home." Setelah itu, halaman akan berputar-putar seperti tornado, dan warna halaman akan berubah menjadi hitam putih. Klik ikon tornado tersebut, lalu akan keluar gambar rumah dari tornado tersebut dan terdengar suara. Halaman pencarian akan berputar lagi, dan warnanya akan kembali seperti semula.
 
The Wizard of Oz sendiri merupakan sebuah film fantasi petualangan dari Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel tahun 1900 berjudul The Wonderful Wizard of Oz karya pengarang L. Frank Baum yang dirilis pada tahun 1939.

Share this article?

MUST SEE