CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Bahan Alami untuk Membuat Masker Wajah Sendiri di Rumah

By Eskanisa R

23 October 2020

Selamat tinggal wajah kusam dan berjerawat.

Sumber foto: Pixabay
 
Wajah terlihat kusam atau malah berjerawat meski di rumah saja? Mengapa? Ternyata, meski menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, kotoran dan debu masih membayangi. Misalnya saja, saat Anda sedang menyapu lantai, debu dan kotoran pasti akan berterbangan yang mungkin dapat menempel di wajah. Itulah yang kemudian membuat wajah tetap kotor dan berjerawat meski seharian berada di rumah. 
 
Nah, masker menjadi salah satu solusi praktis untuk membersihkan dan mengatasi jerawat yang timbul akibat debu dan kotoran. Alih-alih mengeluarkan uang untuk membeli masker, Anda bisa membuat masker wajah sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan alami untuk membuat masker sendiri di rumah dan cara membuatnya yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Mentimun dan Kunyit
Melansir BrightSide, mentimun mengandung 96 persen air yang berfungsi melembapkan kulit. Selain itu, kandungan astringen dalam mentimun juga dapat membantu mengecilkan pori-pori. Sementara kunyit mengandung antiseptik alami untuk mencegah timbulnya jerawat. Sehingga masker dari dua bahan alami ini cocok digunakan untuk mengatasi kulit yang berjerawat.
 
Cara membuatnya sangat mudah, cukup campurkan satu buah mentimun (ukuran sedang) yang sudah diserut halus dengan satu sendok teh kunyit, aduk rata. Oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

2. Bengkuang
Untuk mendapatkan tampilan kulit wajah yang lebih bersih, cerah, dan terasa segar, Anda bisa menggunakan bengkuang untuk membuat masker, karena mengandung vitamin B1, zat fenolik, dan vitamin C. Selain itu, masker bengkuang juga berguna untuk menyamarkan noda hitam di wajah terutama di bagian bawah mata.
 
Untuk membuat masker bengkuang, siapkan satu butir bengkuang (ukuran sedang) yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci. Parut hingga halus dan peras. Diamkan air hasil perasan selama kurang lebih 30 menit (hingga mengendap). Gunakan endapan (sari bengkuang) tersebut sebagai masker selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.
 
3. Tomat
Kandungan vitamin A dan C pada tomat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Rutin memakai masker tomat juga dapat melembapkan kulit wajah yang kering. Kulit kering sendiri biasanya ditandai dengan permukaan wajah yang terasa kasar, gatal, dan mengelupas.
 
Cara membuat masker menggunakan tomat sangat lah mudah. Potong tomat menjadi kubus kecil (dadu) dan lumatkan menggunakan saringan teh hingga hasilnya berbentuk pasta. Oleskan pasta tomat ke seluruh wajah selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Share this article?

MUST SEE