CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Cara Mudah Tingkatkan Imunitas Tubuh agar Tidak Tertular Virus Corona

By Eskanisa R

09 March 2020

Tips sederhana tingkatkan imunitas tubuh agar tidak terkena Corona.

Sejak akhir tahun 2019 lalu, virus Corona atau COVID-19 picu kepanikan di tengah masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia setelah dua orang penduduknya dinyatakan positif Corona. Meski begitu, Anda tidak perlu panik karena ada cara mudah dan sederhana agar tidak tertular virus Corona maupun penyakit lain.

1. Menjaga Kebersihan

Tidak dapat dipungkiri jika kita tidak tahu persis apa saja yang menempel pada telapak tangan selama menjalankan aktivitas harian. Rajin mencuci tangan menjadi kunci utama agar terhindar dari virus corona dan berbagai penyakit lainnya. WHO merekomendasikan 9 langkah mencuci tangan, yakni:

  • Basahi tangan dengan air.
  • Tuang sabun pada tangan secukupnya (menutupi semua permukaan tangan).
  • Gosok telapak tangan satu ke telapak tangan lainnya.
  • Gosok punggung tangan dan sela jari.
  • Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi (jari) saling bertautan.
  • Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
  • Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan (agar sabun masuk ke dalam kuku).
  • Gosok tangan bersabun di bawah air mengalir.
  • Keringkan dengan lap sekali pakai.

 2. Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat menjadi cara jitu lainnya agar tidak tertular virus Corona. Makanan yang mengandung banyak vitamin A, C, E dan antioksidan dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Menurut WHO, orang dengan kekebalan tubuh yang baik tidak akan tertular virus Corona.

Adapun jenis makanan mengandung banyak vitamin A antara lain bayam, wortel, kangkung dan brokoli. Untuk vitamin C, Anda bisa perbanyak konsumsi pepaya, nanas, mangga dan stroberi, sementara vitamin E paling banyak didapat dalam alpukat, tomat, biji bunga matahari dan kacang almond. Makan secara teratur, sesibuk apapun kegiatan harian Anda, jangan terlambat apalagi lupa makan.

3. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur membuat seseorang rentan terserang penyakit. Sebab tubuh menghasilkan lebih sedikit antibodi karena kurang istirahat. Kurang tidur juga menyebabkan seseorang mudah stres, padahal cara lain untuk melindungi diri dari paparan virus Corona adalah mengurangi stres.

Sebagai tambahan dari tiga poin di atas, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik setiap harinya. Minum sedikitnya 8 gelas air putih setiap hari agar ginjal dan hati dapat bekerja maksimal untuk memperkuat imun tubuh.

 

Share this article?

MUST SEE