CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Gabus Pucung Paling Nagih, Wajib Coba!

By Isny Dewi R

20 October 2020

Rekomendasi warung makan yang sajikan gabus pucung paling enak.

Photo source: selerasa.com
 
 
Salah satu kuliner khas Betawi, gabus pucung merupakan makanan tradisional yang hingga kini masih banyak peminatnya. Melansir Wikipedia, gabus pucung adalah masakan yang diolah dari bahan baku ikan gabus dengan kuah berwarna hitam. Gabus pucung sendiri berasal dari kata "gabus" dan "pucung". Gabus adalah jenis ikan yang dijadikan isi sayur, dan Pucung atau kluwek adalah pewarna sayur tersebut.
 
Meski kini sudah mulai sulit menemukan ikan gabus di pasaran, namun ada beberapa warung makan Betawi yang masih menyediakan menu gabus pucung lezat. Jika siang ini Anda ingin menikmati sepiring gabus pucung enak, berikut rekomendasi warung makan yang tawarkan sajian khas Betawi tersebut.
 
1. Resto Bale Nyai
Bale Nyai bisa Anda temukan di Jalan Boulevard Graha Raya, Sudimara Pinang, Tangerang Selatan. Restoran ini cukup luas dengan konsep lesehan, sehingga cocok untuk dijadikan tempat makan bersama keluarga saat akhir pekan. Bale Nyai sendiri baru dibuka pada pertengahan tahun 2019.
 
Photo source: Instagram @bale.nyai
 
Restoran Betawi ini memang menyajikan menu yang terbuat dari berbagai jenis ikan sawah seperti ikan cere atau wader, melem atau tawes, gabus, betik, bandeng, dan lain sebagainya. Menu gabus pucung menjadi salah satu menu andalan Resto Bale Nyai. Ikan gabus segar dimasak dengan bumbu kluwek berlimpah. Selain itu, di sini Anda juga bisa mencicipi menu-menu lezat lainnya seperti pecak bandeng tanpa duri, ikan wader goreng, hingga ayam goreng Jawara yang super pedas.
 
Bale Nyai
Alamat: Jl. Boulevard Graha Raya, Sudimara Pinang, Tangerang Selatan
No. Telp:: 0812-1150-0763
Jam buka: Setiap hari: 10.00 WIB
Instagram: @bale.nyai
 
2. RM Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar
Warung makan satu ini berada di Bekasi. Meski hanya berupa warung makan sederhana, namun RM Sayur Gabung Pucung Bapak Nijar selalu dipadati pengunjung. Bahkan sebelum warung makan ini buka, sudah ada pengunjung yang datang. Sesuai namanya, menu andalan di sini tentu saja gabus pucung.
 
Ikan gabus di warung makan ini berdaging tebal dan dipotong menjadi beberapa bagian lalu dimasak dengan bumbu kluwek yang membuat aroma dan rasanya begitu menggoda selera. Selain itu, ada juga tambahan irisan tomat dan daun bawang yang menambah kelezatan gabus pucung di sini.
 
 
Di RM Sayur Gabung Pucung Bapak Nijar, Anda juga bisa menyantap berbagai menu ikan lainnya seperti pecak bandeng yang disajikan dengan kuah pedas. Warung ini hanya buka hingga sore hari, jadi usahakan datang lebih awal agar tak kehabisan.
 
RM Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar
Alamat: Jl. Raya Pulo Timaha, Babelan Kota, Bekasi
No. Telp: 0857-8122-4613
Jam buka: Setiap hari: 11.00 – 17.00 WIB
 
3. Warung Gabus Pucung Betawi Depok
Sementara untuk warga Depok, Anda bisa mencicipi nikmatnya gabus pucung di Warung Gabus Pucung Betawi Depok. Seporsi gabus pucung dibanderol sekitar Rp 45.000. Berisi dua potong ikan, gabus pucung di sini memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Rasanya semakin enak saat disantap bersama nasi hangat. Anda juga bisa menikmatinya ikan gabus dengan bumbu pecak. Selain gabus pucung, Anda bisa memesan hidangan khas Betawi lainnya seperti karedok, soto Betawi, asinan Betawi, hingga oseng genjer yang dijamin bikin ketagihan.
 
Photo source: Instagram @wgp_betawidepok
 
Warung Gabus Pucung Betawi Depok
Alamat: Perumahan Mampang Indah I, Jl. Mampang Indah I, Limo, Depok
No. Telp: (021) 77219090
Jam buka: Senin – Jumat: 11.00 – 17.00 WIB, Sabtu & Minggu: 10.00 – 21.00 WIB
Instagram: @wgp_betawidepok

Share this article?

MUST SEE