CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Hal yang Harus Diperhatikan Milenial Sebelum Berbisnis

By Eskanisa R

25 February 2020

Agar untung, ini tiga hal penting yang wajib diperhatikan milenial sebelum bisnis.

Untuk menghadapi kehidupan yang penuh risiko, generasi milenial memang diharapkan agar lebih pintar mengatur keuangan. Sejauh ini, tidak sedikit generasi milenial yang tertarik menjalankan bisnis dibanding bekerja kantoran. Berikut tiga hal penting yang harus diperhatikan generasi milenial sebelum memulai bisnis agar dapat menghasilkan banyak uang.

1. Riset

Poin pertama ini wajib dilakukan agar dapat menyasar pasar dengan tepat. Selain itu, riset penting dilakukan tidak hanya saat akan memulai bisnis saja, namun juga selama bisnis yang digeluti berjalan. Terus membaca tren yang ada di pasar, teliti apa yang benar-benar dibutuhkan agar bisa digunakan dalam pengembangan bisnis.

2. Budgeting

Budgeting sangat erat kaitannya dengan financial planning. Oleh sebab itu, di awal tahun berbisnis, perencanaan keuangan harus dipikirkan, dirumuskan, dan dieksekusi secara matang, termasuk pinjaman dana ke bank, investor, dan sumber dana lain yang memang dibutuhkan dalam jangka pendek maupun panjang.

3. Dana Darurat

Meski menggunakan modal sendiri saat membuka bisnis, dana darurat merupakan hal yang mutlak dipersiapkan dari awal. Untuk memudahkan Anda mempersiapkan dana darurat, perlu dibuat tabungan terpisah khusus untuk dana darurat dan tabungan sehari-hari. Besaran dana darurat bisa disesuaikan dengan pendapatan, sebagai contoh ambil 10 – 15% dari total pendapatan khusus untuk dana darurat.

Share this article?

MUST SEE