CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung saat Pandemi

By Eskanisa R

20 November 2020

Rahasia mendaki gunung aman dan nyaman di tengah pandemi.

Sumber foto: Pixabay
 
Rindu mendaki gunung? Beberapa jalur pendakian memang sudah dibuka kembali, namun dengan menarapkan sejumlah protokol kesehatan. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pendakian di masa pandemi ini?

1. Persiapan Fisik
Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima sebelum mendaki gunung. Apalagi dengan adanya virus tak kasat mata yang menjadi ancaman besar. Manfaatkan waktu luang di rumah untuk menjaga stamina dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging, sit up, push up dan lainnya. Jangan lupa atur pola makan. Selain itu, komposisi makanan juga harus lengkap dan seimbang, bukan sekadar kenyang, seperti perbanyak mengonsumsi sayur dan buah serta minum air setidaknya 6 – 8 gelas per hari.

2. Obat-obatan
Obatan-obatan menjadi hal penting lainnya yang harus Anda persiapkan sebagai langkah antisipasi jika Anda atau teman mendaki Anda sakit atau cedera. Obat-obatan yang sebaiknya Anda bawa antara lain obat penurun panas, gel pereda nyeri, obat anti alergi, obat asma, obat diare, dan cairan antibiotik untuk mengatasi luka.
 
Selain membawa obat-obatan, mendaki di masa pandemi, juga menuntut Anda untuk mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus Corona, seperti membawa masker, hand sanitizer, dan cairan disinfektan. Hindari penggunaan peralatan pribadi secara bersamaan seperti alat makan. Sebab, virus akan mudah menyebar lewat benda yang digunakan secara bergantian tersebut.

3. Tidak Ngoyo
Jika Anda merupakan pendaki pemula, pilih lah gunung dengan medan yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu tinggi. Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang gunung-gunung yang cocok untuk pendaki pemula dan sudah kembali dibuka.
 
Selain itu, jangan memaksakan diri untuk cepat sampai di puncak tanpa mempertimbangkan kondisi tubuh dan waktu. Lagipula, pendakian santai memberi Anda kesempatan untuk menikmati udara dan pemandangan setelah sekian lama terpaksa di rumah. Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan peraturan yang berlaku di gunung yang akan didaki. Sebab, selama pandemi ada beberapa gunung yang membatasi waktu pendakian.  

Share this article?

MUST SEE