CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

3 Jenis Investasi Jangka Panjang Paling Diminati Milenial

By Eskanisa R

04 March 2020

Ini tiga jenis pilihan investasi jangka panjang pilihan milenial.

Sekarang, investasi tidak hanya diminati orang tua, namun generasi milenial pun mulai melirik kegiatan menguntungkan satu ini. Lantas apa saja jenis investasi yang paling disukai para milenial? Berikut ulasan singkatnya!

1. Emas

Bukan rahasia lagi jika emas menjadi salah satu pilihan investasi paling diminati dan populer di semua kalangan, tak terkecuali milenial.

Menurut pakar keuangan, investasi emas yang baik adalah dalam bentuk koin atau batangan. Sebagai investasi jangka panjang, keduanya dianggap paling efektif karena bisa dijual kembali dengan mudah.

Meski begitu, baik emas batang maupun koin juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebagai contoh, emas batang tidak dikenakan biaya cetak untuk ukuran satu kilogram dan tidak dikenakan pajak pertambahan sebesar 10%, sementara koin dikenakan pajak pertambahan 10% karena masuk ke dalam kategori perhiasan.

2. Properti

Properti baik berupa sebidang tanah maupun bangunan menjadi salah satu kebutuhan yang selalu dicari dan dibutuhkan. Properti termasuk investasi tidak likuid, artinya tidak mudah dicairkan apalagi jika Anda membutuhkan dana cepat. Namun, properti bisa menjadi pilihan sumber penghasilan ketika memasuki usia tua atau sudah pensiun.

3. Asuransi

Asuransi berguna untuk meminimalisir kerugian (keuangan) bila terjadi sesuatu di masa depan. Sebagai contoh, asuransi pendidikan yang bisa digunakan untuk pendidikan anak di masa depan yang sudah pasti mengalami kenaikan setiap tahunnya. Atau asuransi kesehatan jika suatu hari nanti Anda atau anggota keluarga lain jatuh sakit dan memerlukan biaya (pengobatan) cukup banyak.

 

Share this article?

MUST SEE