CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

3 Kafe Es Krim Legendaris di Jakarta

By Isny Dewi R

03 March 2020

Tiga kedai es krim di Jakarta yang sudah berumur puluhan tahun.

Photo source: Pixabay

Siapa sih yang tidak suka es krim? Kudapan satu ini disukai hampir semua orang sejak dulu. Maka tak heran jika ada beberapa kedai es krim yang umurnya sudah puluhan tahun dan masih eksis hingga saat ini, tak terkecuali di Jakarta. Kalau Anda termasuk penggemar es krim, yuk nikmati es krim sambil bernostalgia di tiga kafe legendaris berikut ini!

1. Ragusa
Bicara soal kafe es krim legendaris di Jakarta, maka tak lepas dari Ragusa. Sebab, kafe ini merupakan kafe es krim tertua di Jakarta dan masih bertahan sampai sekarang. Ragusa sudah eksis sejak tahun1932 dan didirikan oleh duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa.

Dahulu, Ragusa hanya menjajakan es krimnya setahun sekali, tepatnya saat diadakannya Pasar Gambir atau yang kini dikenal dengan Jakarta Fair. Baru pada tahun 1947, Ragusa memiliki kafe sendiri yang terletak di Citadelweg, sekarang Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat.

Photo source: Ultimagz


Photo source: tempat.com

Hal yang paling menarik dari kafe es krim legendaris ini adalah interior ruangan dan alat makan yang masih jadul. Es krim yang paling menjadi favorit di Ragusa adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana.

Ragusa
  • Alamat: Jl. Veteran I No.10, Gambir, Jakarta Pusat
  • No. Telp: 021 3849123
  • Jam buka: Setiap hari: 10.00 – 22.30 WIB

2. Tropik
Tropik sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Lokasinya berada di antara toko Sushila Hijab and Accessories dan Bombay Textile. Kedai es krim ini juga berhadapan langsung dengan Tonnico Textile Tailor. Bagian depannya didominasi warna biru muda, sedangkan interiornya didominasi warna putih, cokelat, dan jingga.


Photo source: pergikuliner.com

Hadir dengan 16 pilihan rasa, harga yang ditawarkan untuk seporsi es krim Tropik cukup terjangkau, mulai dari Rp 23.000 – Rp 47.000. Untuk harga paling murah, ada pada es krim rasa susu dan green tea. Sementara untuk es krim yang paling mahal adalah varian es krim rasa buah dan rasa pisang.

Tropik
  • Alamat: Jl. Pasar Baru No.28A, Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • No. Telp: (021) 3457474
  • Jam buka: Senin – Sabtu: 10:30 – 20:00 WIB, Minggu: 10.30 – 16:00 WIB

 

3. Es Teler Sari Mulia
Lokasi kedai es satu ini ada di kompleks Bioskop Metropole, Cikini, Jakarta Pusat. Es Teler Sari Mulia adalah es teler legendaris di Jakarta yang eksis sejak tahun 1960-an dan diklaim sebagai es teler pertama di Indonesia. Uniknya lagi, tepat di sebelah Es Teler Sari Mulia ada juga tempat makan yang tak kalah legendaris, yaitu Pempek Megaria.


Photo credit: zomato.com/id/riatumimomor

Tampilan Es Teler Sari Mulia cukup sederhana dan tak jauh berbeda dari es teler lainnya. Dibanderol seharga Rp 22.000, segelas es teler berisi kelapa muda, nangka, alpukat, dan susu kental manis.

Es Teler Sari Mulia
  • Kompleks Bioskop Metropole XXI, Jl. Pangeran Diponegoro No.21, Menteng, Jakarta Pusat
  • No. Telp: 021 3141041
  • Jam buka: Setiap hari 09.00 – 21.00 WIB

Share this article?

Place/Address:

3 Kafe Es Krim Legendaris di Jakarta
Jl. Veteran I No.10, Gambir, Jakarta Pusat

MUST SEE