CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

4 Tempat Instagramable di Jakarta (Part 4)

By Isny Dewi R

11 December 2019

Tempat Instagramable di Jakarta yang sangat menarik untuk lokasi foto-foto.

Masih mencari-cari tempat Instagramable di Jakarta? Check In Jakarta masih punya rekomendasi untuk kamu yang hobi foto-foto. Simak artikel ini ya!

1. Terowongan Kendal
Sebelum menjadi salah satu tempat Instagramable di Jakarta, area ini terkenal akan kesemrawutan lalu lintasnya. Hingga akhirnya pada bulan Maret lalu, terowongan ini diubah oleh Pemprov DKI Jakarta menjadi jalur pedestrian dan merupakan kawasan berorientasi transit atau Transit-oriented development (ToD), yang memudahkan masyarakat berpindah moda transportasi seperti, MRT, LRT, Commuter Line, Kereta Bandara dan Transjakarta.

Terowongan Kendal juga dirancang artistik, membuatnya terlihat sangat menarik. Banyak orang yang melintas di terowongan ini menyempatkan diri untuk berfoto-foto. Ya, sejak bulan Juli lalu, Terowongan Kendal dipercantik dengan hadirnya Mural Persahabatan, yang merupakan bentuk perayaan 25 tahun hubungan Jakarta dan Berlin sebagai Sister City. Mural-mural tersebut dibuat oleh Darbotz dari Jakarta dan Snyder dari Berlin.

Tak hanya mural, saat malam hari, Terowongan Kendal semakin indah dengan lampu warna-warni yang menyala. Pemprov DKI Jakarta pun sering mengadakan berbagai acara menarik di terowongan ini, seperti Jakarta Berlin Festival yang diadakan akhir November lalu.

Jika kamu masih belum tahu di mana lokasi Terowongan Kendal, terowongan ini berada di Jalan Kendal, Jakarta Pusat. Tepatnya di bawah Jalan Jend. Sudirman, serta berada di dekat Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, dan Stasiun MRT Dukuh Atas

2. Spot Budaya 2 Dukuh Atas


Photo Credit: Check In Jakarta doc.

Tempat Instagramable di Jakarta ini baru diresmikan bulan Agustus lalu. Spot Budaya 2 Dukuh Atas sendiri terdiri dari lima bagian, Hutan Tropis Mini sebagai ruang penghijauan; Spot Seni Budaya untuk menggelar aktivitas seni dan kebudayaan, Skate Park untuk anak muda yang ingin bermain skateboard atau sepeda BMX, Spot Edukasi, dan yang terakhir Anjungan Pandang.

Di Anjungan Pandang inilah pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang kawasan Dukuh Atas yang berisi gedung-gedung tinggi dan Jalan Jend. Sudirman. Saat malam hari, Spot Budaya 2 Dukuh Atas juga dipercantik dengan lampu berwarna kuning kecokletan yang menerangi tangga-tangga di Anjungan Pandang.

Spot yang menarik ini berada di Jalan Jend. Sudirman, sangat dekat dengan Halte Transjakarta Dukuh Atas 1 dan Dukuh Atas 2.

3. JPO Tanpa Atap


Photo Credit: Check In Jakarta doc.

Sesuai namanya, tempat Instagramable di Jakarta satu ini merupakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Dinamakan JPO Tanpa Atap, karena atap JPO di Jalan Jend. Sudirman ini memang sengaja dibongkar, agar para pejalan kaki yang melintas di sini tak hanya sekadar menyeberang, tapi juga bisa menikmati view khas kawasan Sudirman dengan gedung-gedung tingginya tanpa terhalang.

Kini, JPO Tanpa Atap pun menjadi spot baru untuk foto-foto di Jakarta. Buat kamu yang mau foto-foto di sini, tetap utamakan pejalan yang mau lewat ya, jangan sampai menghalangi!

4. Kopi SSS
Kopi SSS berada di lokasi yang sangat strategis, tepatnya di depan Stasiun MRT Bendungan Hilir, dan sangat dekat dari halte Transjakarta Bendungan Hilir. Dari kejauhan, bangunan tempat ngopi milik Sampoerna ini memang sudah menarik perhatian. Seperti yang terlihat di gambar, bagian luar bangunan didominasi material kayu dengan jendela kaca yang lebar dan tinggi, tampak kontras dengan gedung-gedung tinggi di sekitarnya.


Photo Credit: Check In Jakarta doc.

Di bagian atas bangunan, terdapat tongkat kayu yang berjejer rapi seperti menancap di dinding kayu, bisa dibilang inilah yang menjadi ciri khas Kopi SSS. Di bagian tengahnya, terdapat logo Sampoerna Kayoe. Desainnya yang unik dan Instagenic tentu menjadi incaran masyarakat yang melintas untuk berfoto-foto di depannya.

Keunikan lainnya dari tempat ngopi dekat stasiun MRT ini adalah keberadaannya yang teritegrasi dengan trotoar. Para pejalan kaki yang lewat bisa dengan mudah masuk ke Kopi SSS. Meski berada di lahan Sampoerna Strategic Square, pengunjung dari luar tak perlu melewati gerbang atau pagar, karena kedai kopi ini dibuat berdampingan dengan trotoar, namun tidak mengambil lahan dari trotoar sedikit pun.

Kopi SSS
Instagram: @kopi.sss
Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari: 07.00 – 21.00 WIB

Share this article?

MUST SEE