CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memakai Masker

By Isny Dewi R

20 September 2020

Alasan utama mengapa penting untuk memakai masker selama pandemi COVID-19.

Photo source: Pexels
 
 
Beberapa bulan terakhir ini pemerintah mewajibkan masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Meski banyak orang yang tidak menyukainya, dan bahkan tak sedikit pula yang enggan mengenakannya sama sekali, namun para ilmuwan telah membuktikan bahwa mengambil tindakan pencegahan ekstra ini (selain menjaga jarak secara sosial) membantu secara signifikan mengekang penyebaran virus corona.
 
Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa penting untuk memakai masker selama pandemi COVID-19, seperti dihimpun dari Health:
 
1. Mengurangi Risiko Penularan Virus
“Masker bedah dan kain (katun) dapat mengurangi penularan virus hingga 70% jika semua orang memakainya dengan benar, yaitu di atas hidung dan mulut,” Purvi Parikh, seorang ahli alergi di Jaringan Alergi & Asma dan asisten profesor klinis di Departemen Kedokteran di NYU Grossman School of Medicine, mengatakan kepada Health.
 
Dia juga menekankan pentingnya tidak hanya mengenakan masker, tetapi juga mengenakannya dengan benar. Menurut CDC, itu juga termasuk mencuci tangan sebelum memakai masker wajah dan memastikannya menutupi hidung dan mulut setelah terpasang. Ini juga harus pas dengan wajah Anda dan tetap seperti itu sampai Anda meninggalkan tempat umum.
 
2. Mencegah Penyebaran dari Orang Tanpa Gejala (OTG)
Menurut CDC, diperkirakan 50% penularan terjadi sebelum orang mengembangkan gejala COVID-19. Mengenakan masker adalah cara mudah untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi tanpa disadari. Tetapi ini bukan obat mujarab, orang juga perlu mematuhi aturan jarak sosial dan mempraktikkan kebersihan tangan yang baik. “Masker tidak menggantikan tindakan lain ini,” Eric Westman, MD, seorang profesor kedokteran di Duke University mengatakan kepada Health.
 
"Masker adalah tindakan altruisme; Anda tidak melindungi diri sendiri dengan mengenakan masker," kata Rochelle Walensky, MD, kepala divisi penyakit menular di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan profesor kedokteran di Harvard Medical School. Masker mencegah orang yang asimtomatik atau Orang Tanpa Gejala (OTG) menyebarkan virus ke orang lain. Menjadikannya tindakan pencegahan yang sama pentingnya dengan menjaga jarak sosial dan mencuci tangan.
 
3. Anda Ikut Melindungi Orang Lain dari Penyakit
Para peneliti mencatat bahwa pemakaian masker akan efektif jika semua orang melakukannya. Pertimbangkan fakta bahwa jumlah kematian di Amerika Serikat bisa mencapai 211.000 pada 26 September, menurut CDC, naik dari yang diproyeksikan 180.000 oleh sekelompok peneliti Washington. Namun, diperkirakan juga bahwa banyak dari kematian ini dapat dicegah jika 95 persen penduduk di negara itu mau memakai masker.
 
4. Diwajibkan oleh Pemerintah
Di Indonesia sendiri, terutama di Jakarta, penggunaan masker menjadi hal yang wajib. Banyak masyarakat yang melanggar peraturan memakai masker dan dikenakan sanksi sosial hingga denda oleh aparat yang bertugas.
 
5. Higienis
Para profesional medis dari ahli bedah hingga dokter gigi memakai masker untuk melindungi diri dari tetesan, kuman, dan penyakit serta untuk mencegah penyebaran kuman mereka, bahkan sejak sebelum adanya pandemi COVID-19. Dalam banyak budaya, memakai masker saat sakit atau alergi adalah tanda menghormati orang lain. Mengenakan masker untuk melindungi diri sendiri adalah hal yang wajar, dan kebersihan yang baik saat berada dalam situasi berisiko tinggi.

Share this article?

MUST SEE