CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Aplikasi ini Bantu Anda tetap Produktif selama WFH

By Isny Dewi R

20 September 2020

Beberapa aplikasi ini bisa membantu Anda tetap produktif dan bekerja secara maksimal meski sedang WFH.

Photo source: Pexels
 
 
Diberlakukannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta sejak Senin (14/9) lalu membuat sebagian pekerja diminta untuk kembali bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Meski terkesan mudah, namun ternyata ada kesulitan tersendiri bekerja dari rumah. Salah satunya tergoda untuk bermalas-malasan dan membuat Anda jadi kurang produktif.
 
Tapi tenang, karena ada beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda tetap produktif dan bekerja secara maksimal meski sedang WFH.
 
1. Slack
Slack adalah alat komunikasi untuk bekerja, termasuk kerja tim. Bisa diartikan, aplikasi ini merupakan sistem pesan instan dengan banyak tambahan untuk alat kerja lainnya. Add-in tidak diperlukan untuk menggunakan Slack, karena fungsi utamanya adalah untuk berbicara dengan orang lain. Ada dua metode obrolan di Slack: channels (obrolan grup), dan pesan langsung atau DM (obrolan orang-ke-orang). Tak hanya itu, di dalamnya juga terdapat fitur untuk melihat proses kerja, berbagi berkas, dan lain sebagainya.
 
2. Trello
Aplikasi ini memudahkan Anda bekerja sama dengan rekan kerja dalam sebuah tim untuk melakukan proyek bersama. Trello akan membantu Anda menyusun rencana kerja yang tersusun rapi dan menyelesaikannya secara bersama-sama dengan sejumlah fitur bermanfaatnya seperti Board, List, dan Card.
 
3. Webex
Webex bisa dijadikan alternatif jika Anda kurang begitu menyukai Zoom atau Meet saat ingin melakukan video conference. Aplikasi buatan Cisco ini cukup populer di kalangan pebisnis untuk meeting online. Webex versi gratis dapat menampung hingga 100 partisipan, kualitas video HD, dilengkapi fitur screen sharing, dan personal room.
 
4. Basecamp
Basecamp hampir mirip Slack, namun menawarkan fitur yang lebih mumpuni. Dengan aplikasi ini, seluruh anggota tim dapat berkumpul di satu tempat guna memudahkan koordinasi. Selain itu, Basecamp juga dilengkapi fitur berbagi tugas ke setiap anggota tim dan memantau perkembangannya. Untuk versi gratis, aplikasi ini terbatas untuk 3 proyek, 20 pengguna dan penyimpanan 1 GB.
 
5. Microsoft Teams
Aplikasi ini bisa dibilang merupakan rival Slack. Microsoft Teams mengombinasikan fitur mengirim pesan instan, konferensi video, ruang penyimpanan, dan penggunaan file yang sama secara real time. Selain tersedia di Android dan iOS, Microsoft Teams juga bisa digunakan di Windows, macOS, dan Linux.

Share this article?

MUST SEE