CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Aplikasi untuk Meditasi di Rumah

By Isny Dewi R

15 May 2020

Top photo source: www.rockethomes.com

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi stres, depresi, cemas, dan insomnia. Dan jangan lupa manfaat fisiknya, meditasi juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan variabilitas detak jantung Anda. Selain itu, banyak penelitian menunjukkan meditasi tidur dapat menenangkan pikiran dan membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas.

Bagi banyak orang, menemukan waktu dan energi untuk berkomitmen pada meditasi rutin adalah hal yang sulit. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, di mana kita diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Dengan sedikit bantuan dari aplikasi meditasi yang baik, zen pun bisa Anda dapatkan di rumah. Berikut lima aplikasi meditasi terbaik untuk meningkatkan perhatian dan menenangkan pikiran Anda.

1. Calm

Calm adalah aplikasi untuk membimbing meditasi yang dirancang untuk membantu orang-orang merelakskan dan menenangkan diri dibandingkan dengan beberapa aplikasi meditasi lainnya yang dirancang untuk menginspirasi pemikiran atau kreativitas yang mendalam.

Durasi meditasi bervariasi mulai dari 3 – 25 menit. Jika Anda ingin mengembangkan praktik meditasi harian, cobalah Daily Calm, program 10 menit yang dapat Anda praktikkan sebelum mengawali atau mengakhiri hari Anda.

Calm juga menawarkan latihan pernapasan, cerita sebelum tidur dan lagu latar yang menenangkan untuk membantu Anda tidur nyenyak. Berlangganan premium mencakup semua itu dan lebih banyak fitur lainnya seperti program Calm Body, Calm Masterclasses bulanan dan musik eksklusif. Ini mungkin salah satu aplikasi meditasi terbaik untuk pendatang baru yang ingin lebih relaks, mengurangi tingkat stres dan mendapatkan tidur yang lebih baik.

2. Simple Habit

Meditasi di Simple Habit berfokus pada penghilang stres harian. Pengembang aplikasi tahu Anda sibuk, sehingga mereka membuatnya semudah mengambil lima menit cepat untuk waktu meditasi. Bahkan, aplikasi ini menawarkan daftar putar khusus hanya untuk gejala kelelahan, dengan topik-topik seperti "tetap tenang dengan jadwal sibuk" dan "menghilangkan kecemasan pagi hari." Simple habit juga menawarkan program meditasi terpandu untuk Anda yang bepergian.

3. The Breathing App

Seperti namanya, aplikasi ini berfokus hanya pada pernapasan dan manfaat fisiologis yang Anda dapatkan dari memperlambat napas - meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan keseimbangan emosi. Semua itu bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan dan pola tidur.

Dikembangkan oleh Eddie Stern dan penulis Deepak Chopra, The Breathing App sederhana dan sempurna bagi mereka yang menginginkan manfaat perhatian tanpa menggali terlalu dalam ke dalam spiritualitas. Anda hanya dapat memodifikasi dua pengaturan untuk program meditasi: lama latihan dan rasio napas.

4. Mindwell
Mindwell memadukan nada isokronik, frekuensi solfeggio, dan kata-kata yang diucapkan untuk mendorong kreativitas dan fokus, yang berbeda dari tujuan utama banyak aplikasi meditasi lain yang bertujuan untuk relaksasi.

Aplikasi ini menawarkan meditasi untuk membantu Anda pulih dari stres atau saat-saat yang menjengkelkan yang terjadi sepanjang hari. Sebagai contoh, Anda mengalami pertemuan klien di tempat kerja yang tidak berjalan dengan baik - Anda dapat menggunakan Mindwell yang dirancang khusus untuk meredam emosi negatif dan membantu Anda bergerak maju dengan hari Anda.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur yang disebut MoodShift, yang memetakan suasana hati Anda dari waktu ke waktu dan memungkinkan Anda untuk melacak perkembangan suasana hati dan meditasi Anda.

5. Unplug Meditation
Dirilis setelah Unplug Meditation Studio di Los Angeles menjadi hit besar, aplikasi Unplug Meditation menawarkan lebih dari 700 video meditasi yang berkisar mulai dari satu menit hingga hampir satu jam. Anda dapat menyaring meditasi berdasarkan suasana hati, hasil, panjang, atau guru. Aplikasi ini memiliki dasbor unik tempat Anda dapat melihat total hari, jam, menit, dan detik yang dihabiskan untuk bermeditasi, serta menetapkan tujuan dan menulis dalam jurnal rasa terima kasih.


Picture source: www.gadgetgram.com

Tidak seperti beberapa aplikasi meditasi yang dipandu, semua sesi pada aplikasi Unplug Meditation difilmkan di studio Los Angeles, jadi benar-benar terasa seperti Anda berada di kelas yang mendalam dengan seorang instruktur. Aplikasi ini sangat bagus untuk orang-orang yang membutuhkan banyak struktur ketika datang ke meditasi dan menikmati visual selain audio. Namun, jika Anda memilih untuk bermeditasi sendiri, Anda dapat memilih dari suara ambient Unplug, termasuk suara alam, dan mengatur timer.

Share this article?

Place/Address:

5 Aplikasi untuk Meditasi di Rumah

MUST SEE