CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Cara Mengatasi Panik Akibat Virus Corona

By Isny Dewi R

16 March 2020

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan akibat wabah virus Corona.

Kecemasan berkembang pesat karena ketidakpastian. Dan, seiring penyebaran virus Corona, pertanyaan-pertanyaan kita yang tidak terjawab dapat membuat kita merasa rentan atau takut. "Apakah itu akan datang ke komunitas saya?" atau "Apakah saya berisiko?"

"Kita mengalami kecemasan nasional saat ini, semacam stres bersama, dan kita semua dalam keadaan ketidakpastian ekstrim," kata Catherine Belling, seorang profesor di Universitas Northwestern, Fakultas Kedokteran Feinberg, yang mempelajari peran ketakutan dan kecemasan dalam perawatan kesehatan. Semakin Anda stres, semakin rentan Anda terhadap virus, karena stres dapat mengurangi respons kekebalan Anda.

Tetapi ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan tersebut, dilansir dari npr.org.

1. Rencanakan ke Depan untuk Merasa Lebih Memegang Kendali
Kita semua cenderung cemas, suka memegang kendali. Jadi, jika Anda mengambil langkah-langkah dasar untuk mempersiapkan kemungkinan wabah di komunitas Anda, Anda mungkin merasa lega. Misalnya, tanyakan kepada bos Anda tentang pilihan bekerja di rumah.

Bersiaplah untuk gangguan seperti penutupan sekolah. Miliki rencana darurat untuk gangguan-gangguan ini. Selain itu, identifikasi sumber-sumber informasi tepercaya yang dapat Anda hubungi jika terjadi wabah. "Sangat penting untuk mengatakan, baik, apa pun yang terjadi, saya sudah melakukan yang terbaik yang bisa saya siapkan," kata Belling.

2. Jangan Terlalu Sering Menonton Berita
Penting untuk diketahui. Tetapi Anda tidak perlu terobsesi dengan berita. "Ada titik di mana, pengumpulan informasi bisa menjadi masalah," kata Stewart Shankman, seorang psikolog di Universitas Northwestern yang mempelajari kecemasan. Dia mengatakan itu bisa memiliki efek yang tidak disengaja menaikkan ketakutan Anda.

Jika Anda mengambil langkah-langkah dasar untuk melindungi diri dan tetap mendapat informasi, itu sudah cukup. "Tidak ada cara untuk mengurangi risiko Anda menjadi nol," kata Shankman. Anda dapat menghabiskan sepanjang hari membaca tajuk utama, peringatan berita atau tweet, tetapi ini "tidak mengubah risiko Anda terkena coronavirus."

Setelah Anda sedikit terlepas dari berita-berita menghebohkan, mengapa tidak mencoba aplikasi mindfulness seperti Headspace atau Simply Being untuk membantu Anda melepaskan kecemasan antisipatif. "Kami tahu dari berbagai penelitian bahwa perhatian sangat efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan," kata Shankman.

3. Prioritaskan Tidur yang Baik
Meskipun masih banyak yang harus dipelajari tentang virus Corona, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang beristirahat dengan baik lebih baik dalam menangkis virus.

Misalnya, ketika para peneliti menyemprotkan virus flu biasa yang hidup ke dalam hidung sekelompok orang sehat sebagai bagian dari studi, tidak semua orang jatuh sakit. "Orang-orang yang tidur paling sedikit secara substansial lebih mungkin terserang flu," kata penulis studi Aric Prather, dari University of California, San Francisco.

4. Berolahraga dan Makan Makanan yang Baik
Ini selalu nasihat yang bagus, dan perlu ditekankan selama masa ketidakpastian. Ada banyak bukti bahwa olahraga sehari-hari dapat membantu meningkatkan perasaan kesejahteraan - dan meningkatkan kekebalan Anda. Misalnya, penelitian ini menemukan bahwa aktivitas fisik melindungi Anda dari gejala kecemasan.

Dan meningkatkan detak jantung Anda setiap hari, hanya dengan jogging, menurunkan risiko banyak kondisi kronis.

Apa yang Anda makan juga dapat membantu meningkatkan pandangan Anda. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa diet gaya Mediterania yang kaya buah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan di antara sekelompok orang dewasa muda.

"Makan gula dan makanan ultra-proses meningkatkan peradangan dan menekan fungsi kekebalan tubuh," kata Mark Hyman, seorang dokter di Pusat Klinik Fungsional Kedokteran Klinik Cleveland.

5. Cuci Tangan Anda
Ketika suatu penyakit menular menyerang suatu komunitas, hanya ada begitu banyak yang dapat dilakukan oleh siapa pun. Anda tidak dapat mensterilkan seluruh lingkungan Anda. Tetapi mengambil beberapa tindakan pencegahan akan membantu mengurangi risiko Anda dan mudah-mudahan menghilangkan kecemasan Anda.

Virus Corona ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan. Ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk, tetesan yang mengandung partikel virus dilepaskan. Jika Anda berdiri dekat, Anda dapat terinfeksi. "Tetesan pernapasan berjalan sekitar tiga kaki sebelum mereka cenderung mengendap di udara," kata pakar penyakit menular Daniel Kuritzkes dari Brigham and Women's Hospital di Boston. Pedoman federal menyarankan enam kaki pemisahan, jadi jaga jarak Anda.

Selain itu, tetesan dapat mendarat di permukaan, seperti tombol lift, gagang pintu, dan ruang kerja bersama. Jadi, jika Anda menyentuh permukaan yang terkontaminasi, lalu menyentuh wajah Anda, Anda bisa terinfeksi. Virus dapat masuk ke tubuh Anda melalui mata, hidung, atau mulut Anda.

Selama wabah, mencuci tangan yang benar adalah pertahanan terbaik Anda terhadap virus. Jadi, ikuti saran untuk mencuci selama 20 detik atau lebih menggunakan sabun dan air. Atau gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Selain itu, untuk sementara waktu hindari kontak langsung seperti memeluk dan berjabat tangan.

Top photo credit: pixabay.com/users/danielkirsch

Share this article?

MUST SEE