CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Kursus Online Digital Marketing Gratis

By Isny Dewi R

16 October 2020

Rekomendasi kursus digital marketing online terbaik gratis.

Photo source: Pexels
 

Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, memiliki kemampuan digital marketing sangat lah penting. Tidak hanya bagi mereka yang bekerja di bidangnya, tetapi juga bagi para pengusaha. Jika Anda tertarik untuk menambah kemampuan di bidang digital marketing, berikut rekomendasi kursus online terbaik gratis yang bisa membantu Anda.
 
1. Google Digital Garage – Fundamentals of Digital Marketing
Jika Anda tertarik mengikuti pelatihan digital marketing gratis terpercaya dan berkualitas dari perusahaan ternama, Anda bisa memilih Google Digital Garage.
 
Google Digital Garage merupakan sebuah program nirlaba milik Google untuk masyarakat yang ingin belajar tentang dunia digital. Ada tiga bidang yang ditawarkan dalam program ini antara lain digital marketing, data dan teknologi, serta pengembangan karir.
 
Salah satu program yang ditawarkan Google Digital Garage adalah Fundamentals of Digital Marketing. Program ini merupakan gabungan dari beberapa kelas milik Google yang diharapkan dapat memberikan kemampuan dasar bagi para peserta tentang digital marketing. Materi yang diajarkan tentunya seputar digital marketing seperti memindahkan bisnis ke ranah online, memanfaatkan mesin pencari untuk mengembangkan bisnis, mengenal media sosial dan website untuk meningkatkan penjualan, dan masih banyak lagi.
 
Program ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin mempelajari digital marketing tanpa peduli latar belakangnya. Sistematika pembelajaran yang diterapkan juga sangat terstruktur dengan alur yang jelas sehingga memudahkan peserta dalam memahami rangkaian materi yang telah dipelajari. Menariknya lagi, semua materi di kelas ini saling berkaitan.
 
Pada kelas ini, peserta akan diajarkan mengenai media digital marketing seperti website, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Google My Business, sosial media, email marketing, content marketing, dan lain sebagainya. Fundamentals of Digital Marketing by Google juga mengajarkan cara merancang suatu campaign menggunakan media-media tersebut. Di kelas ini peserta juga dapat belajar menganalisis apakah campaign yang dirancang berjalan dengan baik atau tidak.
 
Menariknya lagi, kelas ini juga mengajarkan langkah-langkah untuk mengoptimalkan pengalaman berbelanja di e-commerce hingga tips memasarkan produk berskala internasional. Di tiap akhir submodul dan modul, Google Digital Garage juga memberikan latihan soal yang dapat dimanfaatkan untuk menguji pemahaman Anda setelah mengikuti kelas. Selain menambah skill dan pengetahuan, ujian sertifikasi juga dapat menambah kredibilitas Anda di bidang digital marketing.
 
2. WordStream PPC University
PPC University adalah sumber belajar online gratis yang dibuat oleh perusahaan WordStream, untuk membantu membangun keterampilan PPC (Pay Per Click) dan digital marketing Anda.
 
Wordstream memiliki akses ke ribuan akun, menghabiskan miliaran dolar untuk iklan PPC, dan selama bertahun-tahun, mereka secara konsisten menemukan bahwa usaha kecil hingga menengah berjuang untuk mengelola akun mereka dengan cara yang hemat biaya, dan memberikan hasil yang kuat. Kursus online ini menawarkan pelajaran bagi pengguna pemula hingga mahir, dengan modul tambahan untuk social advertising.
 
Anda juga dapat mengakses sejumlah webinar dan white papers (dokumen yang digunakan sebagai alat pemasaran) untuk meningkatkan pengetahuan Anda seputar digital marketing dan yang terbaik dari semuanya. Pelatihan online ini ramah seluler sehingga Anda dapat belajar saat dalam perjalanan, kapan pun Anda punya waktu.
 
3. HubSpot Academy
HubSpot Academy menawarkan kursus digital marketing yang sangat komprehensif dengan lebih dari 3.000 siswa yang berpartisipasi, lebih dari 4,5 jam pengajaran dalam 38 pengajaran yang sepenuhnya gratis.
 
Di kursus online ini, peserta akan mempelajari dasar-dasar inbound marketing, SEO, landing pages, blogging, conversion optimization, lead nurturing, dan email marketing, serta bagaimana mereka semua bekerja sama untuk strategi inbound marketing yang kohesif dan lebih efektif.
 
Setelah ujian sertifikasi, para peserta akan menerima lencana untuk resume atau profil LinkedIn mereka untuk menunjukkan bahwa mereka telah memperluas keterampilan digital marketing mereka dengan HubSpot Academy.
 
4. Social Media Quickstarter Digital Marketing Course
Constant Contact's Social Media Quickstarter menekankan peluang untuk mengintegrasikan email dengan social media marketing, untuk memaksimalkan dampak dari kedua saluran.
 
Dalam serangkaian pelajaran langkah demi langkah, peserta apat mempelajari taktik pemasaran digital untuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Instagram, YouTube, blogging, serta situs listings dan review online. Cara kursus disusun membuatnya sempurna untuk marketer tingkat pemula, dengan komponen seperti glosarium dan panduan cara kerja, dikombinasikan dengan contoh praktis dari pelajaran yang sedang berlangsung.
 
5. Facebook Blueprints
Kursus online ini ideal untuk bisnis kecil, marketer, agensi, dan pengiklan, Facebook. Blueprints adalah pelatihan untuk segala hal yang perlu diketahui tentang menjalankan kampanye iklan yang sukses menggunakan halaman Facebook Business Anda. Pelatihan digital marketing online mencakup praktik terbaik dan strategi teratas yang digunakan oleh merek terbesar di dunia.
 
Facebook. Blueprints adalah peluang sempurna bagi bisnis dan pemasar untuk sepenuhnya memahami segala sesuatu yang perlu diketahui tentang memastikan bahwa periklanan Anda bisa tersebar sejauh mungkin.

Share this article?

MUST SEE