CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

5 Makanan ini dapat Membantu Atasi Kecemasan (Bagian Kedua)

By Eskanisa R

16 November 2020

Perbanyak asupan makanan berikut untuk bantu kurangi rasa cemas.

Sumber foto: Pixabay

Cemas merupakan hal yang umum terjadi. Hal ini bisa dikatakan wajar jika sesekali menghampiri. Namun, jika rasa cemas sering muncul tanpa alasan bisa jadi disebabkan oleh gangguan kecemasan.
 
Selain konsultasi dengan dokter terkait rasa cemas yang Anda rasakan, istirahat yang cukup, dan rutin olahraga, mengonsumsi makanan di bawah ini juga dapat membantu mengurangi rasa cemas.

1. Alpukat
Melansir The Stir, seorang Psikolog di The Cleveland Clinic, Susan Albers, PsyD mengungkapkan bahwa buah Alpukat mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) yg dibutuhkan oleh saraf dan otak. Selain itu, kandungan vitamin B dan potasium berguna untuk mengatasi rasa cemas.

2. Cokelat Hitam
Satu atau dua potong cokelat hitam membantu pelepasan zat kimia yang memengaruhi suasana hati seseorang seperti dopamine dan serotonin. Bahkan, Albers mengungkapkan bahwa terdapat satu studi yang menyatakan bahwa orang yang memakan 45 gram cokelat hitam per hari selama kurun waktu dua minggu terbukti dapat mengurangi hormon stres secara signifikan. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung flavanol untuk bantu turunkan tingkat depresi, kecemasan, dan stres.

3. Kiwi
Sebuah studi di tahun 2013 dari Jerman mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin C seperti kiwi memiliki peran penting dalam manajemen stres, yakni kemampuan manusia untuk mengatasi gangguan emosional dan mental saat dihadapkan dengan hal-hal yang memicu stres.
 
Vitamin C diketahui memiliki kemampuan baik dalam menangkal hormon kortisol yang dikenal juga sebagai hormon stres. Selain itu, vitamin C juga kaya akan anti oksidan yang berfungsi untuk memperbaiki suasana hati.

4. Keju
Makanan kaya kalsium ini diketahui mampu mengurangi hormon kortisol yang berkaitan erat dengan tingkat kecemasan seseorang. Selain itu, keju juga mengandung triptofan, asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat suasana hati jadi positif. Studi di tahun 2014 menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi cukup makanan mengandung triptofan cenderung jarang cemas.

5. Cabai Rawit
Meski ukurannya kecil, cabai rawit memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, vitamin A, vitamin B6, antioksidan dan capsaicin.
 
Capsaicin merupakan zat aktif pada cabai rawit yang memiliki efek antinyeri, antiradang, dan antibakteri. Sebagai contoh, untuk mengurangi rasa sakit kepala, disarankan mengonsumsi makanan pedas (mengandung cabai rawit). Capsaicin merangsang lendir dari dalam hidung untuk keluar sehingga menjadi lebih plong setelah makan.    
 

Share this article?

MUST SEE