CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

5 Makanan Khas Indonesia ini Terkenal di Luar Negeri

By Eskanisa R

08 June 2020

Kelezatan makanan khas Indonesia ini begitu terkenal di mancanegara.

Sumber foto: CheckInJakarta.doc

Ternyata, kelezatan makanan khas Indonesia tidak hanya memanjakan lidah orang Indonesia saja, namun juga masyarakat di negara-negara lain yang dibuat ketagihan. Berikut daftar makanan asli Indonesia yang menjadi primadona dan populer di luar negeri.

1. Tempe
Makanan berbahan dasar kedelai yang kaya akan protein ini ternyata cukup populer di Jepang. Tempe merupakan bahan makanan serbaguna yang dapat diolah menjadi berbagai jenis menu. Kudapan ini dapat diolah dengan cara digoreng, dijadikan sayur sebagai menu diet sehat hingga pengganti daging. Rasa tempe yang khas membuat banyak orang ketagihan.

2. Nasi Goreng
Nasi goreng khas Indonesia dengan beragam bumbu khas berhasil menaklukan lidah masyarakat di berbagai belahan dunia. Kunci kelezatannya terletak pada bumbu masak yang lengkap sehingga cocok disantap untuk sarapan, makan siang maupun malam. Nasi goreng khas Indonesia biasanya diracik menggunakan bawang merah, bawang putih, terasi, dan berbagai bumbu tambahan, sehingga menciptakan rasa yang khas dan berbeda dari nasi goreng lainnya.

3. Sate
Di Indonesia sendiri, sate dikelompokkan berdasarkan nama tempat atau bahan utamanya, seperti Sate Padang, Sate Solo, Sate Madura, Sate Blora, dan sebagainya. Cara penyajian yang khas yakni menggunakan tusuk kayu atau bamboo, serta tambahan sambal kacang, menjadikan makanan ini populer di luar negeri, baik yang menggunakan bahan dasar daging ayam, daging sapi maupun kambing. Bahkan, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun menjadikan sate sebagai salah satu makanan favoritnya.

4. Gado-gado
Makanan yang bisa kita jumpai di pinggir jalan sampai restoran ini juga dikenal sebagai salad khas Indonesia. Gado-gado berisi aneka sayuran rebus seperti bayam, kangkung, kol, kacang panjang, tauge, serta potongan tahu, tempe, dan tambahan telur rebus. Yang membuat makanan ini begitu digemari adalah siraman saus kacang yang berlimpah. Gado-gado juga bisa dijadikan makanan alternatif bagi mereka yang sedang diet.

5. Rendang
Bukan tanpa sebab jika makanan khas Minang ini dua kali dinobatkan CNN sebagai makanan paling lezat di dunia. Perpaduan rempah asli tanah Sumatera Barat seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk dan juga cabai merah menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezat Proses pembuatan rendang pun memakan waktu tidak sebentar, guna menghasilkan daging sapi bertekstur empuk, bumbu yang gurih, dan aroma yang begitu menggoda.
 

Share this article?

MUST SEE