CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

5 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh dan Cara Terbaik Memasaknya

By Isny Dewi R

24 April 2020

Lima makanan yang disetujui oleh para ahli dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, melakukan tindakan pencegahan setiap hari seperti mencuci tangan, melakukan physical distancing, berolahraga, dan tidur yang cukup adalah kunci untuk menurunkan risiko terinfeksi. Tetapi mempertahankan pola makan yang sehat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga tidak boleh disepelekan.

Penting untuk dicatat bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan adanya makanan tertentu yang dapat membantu melawan COVID-19 secara khusus. Namun, penelitian telah menemukan bahwa makan makanan tertentu dapat meningkatkan kesehatan Anda dan memperkuat kemampuan tubuh Anda untuk melawan virus invasif lainnya.

Berikut adalah lima makanan yang disetujui oleh para ahli dapat meningkatkan imunitas tubuh, termasuk cara terbaik untuk memasaknya.

1. Brokoli
Menurut National Institutes of Health (NIH), brokoli kaya akan vitamin C. "Brokoli dikemas dengan phytochemical dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita," ujar Dr. Seema Sarin, seorang dokter penyakit dalam di EHE Health, dikutip dari CNBC Make It.. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin E, antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri dan virus.

"Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sayuran hebat ini, makanlah mentah atau agak matang," tambah Sarin. Anda bisa menumis brokoli dengan bawang putih dan parmesan, atau tumis dengan paprika, jahe, bawang putih, dan jamur.

2. Buncis
Buncis mengandung banyak protein, nutrisi penting yang terbuat dari asam amino yang membantu menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh. Sayuran ini juga bersangkutan dalam mensintesis dan memelihara enzim untuk menjaga sistem tubuh kita berfungsi dengan baik, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

"Buncis juga dikemas dengan zinc, yang membantu sistem kekebalan tubuh mengendalikan dan mengatur respons kekebalan tubuh," kata Emily Wunder, ahli diet dan pendiri situs resep bergizi Healthyier Taste, dikutip dari CNBC Make It.

Kacang buncis yang dipanggang sangat baik sebagai camilan cepat atau topping salad. Pastikan buncis benar-benar kering sebelum dipanggang. Kemudian tambahkan beberapa sendok makan minyak (sayur, kanola atau minyak biji anggur) dan panggang, aduk sampai renyah. Agar lebih nikmat, Wunder menyarankan untuk menambahkan garam dan paprika.

3. Stroberi
Setengah cangkir stroberi mengandung 50% dari kebutuhan vitamin C harian Anda. “Vitamin C sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda,” ungkap Wunder, karena dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang sering kita hadapi di lingkungan.

Anda bisa menambahkan potongan kecil stroberi ke yogurt, oatmeal atau sebagai topping roti gandum dengan mentega kacang.

4. Bawang Putih
"Bawang putih tidak hanya memberikan rasa pada makanan, tetapi juga mengandung manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung," menurut Sarin. "Kemampuan meningkatkan kekebalan dari Bawang Putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, yang dapat membantu melawan beberapa infeksi," tambahnya.

Bawang putih telah ditunjukkan di masa lalu untuk membantu menangkal pilek. Dalam sebuah studi pada tahun 2001 yang diterbitkan di Advances in Therapy, peserta yang mengonsumsi suplemen bawang putih lebih kecil kemungkinannya terserang flu. Dan mereka yang terinfeksi pulih lebih cepat daripada peserta dalam kelompok plasebo.

Anda dapat mencampurkan bawang putih dengan berbagai makanan, mulai dari saus pasta dan saus salad hingga sup dan hidangan tumis. Sarin menyarankan untuk mengonsumsi dua hingga tiga siung bawang putih per hari.

5. Bayam
"Bayam kaya akan vitamin C dan penuh antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh kita dari kerusakan lingkungan," kata Sarin. "Plus, ia memiliki beta karoten, yang merupakan sumber makanan utama vitamin A - komponen penting dari fungsi kekebalan tubuh yang tepat."

Seperti brokoli, yang terbaik adalah mengonsumsi bayam mentah atau sedikit dimasak. Untuk memasukkan lebih banyak bayam ke dalam makanan Anda, Sarin menyarankan untuk mencampurnya dalam smoothie, memasaknya dengan telur pagi hari Anda, atau sebagai lauk yang mudah ditumis dengan bawang putih.

 Top image by pixabay.com/users/congerdesign

Share this article?

Place/Address:

5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

MUST SEE