CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Makanan yang Populer selama Pandemi COVID-19

By Isny Dewi R

02 September 2020

Makanan yang tengah digandrungi masyarakat selama pandemi COVID-19.

Photo source: Pixabay
 

Selama pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang membuka usaha untuk menambah penghasilan, terutama usaha di bidang kuliner seperti menjual makanan dan minuman. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jual. Tapi, kalau Anda ingin menjual makanan yang tengah digandrungi masyarakat selama pandemi, mungkin Anda bisa mencoba menjajakan beberapa produk makanan berikut ini.
 
1. Dalgona Coffee
Minuman asal Korea Selataan ini tengah populer di Indonesia. Awalnya, dalgona coffee muncul dalam program reality show Korea Selatan. Lalu saat pandemi, banyak orang yang tertarik membuatnya sendiri untuk mengisi waktu selama di rumah. Minuman kopi viral ini sudah banyak dijajakan di kafe-kafe di Jakarta, bahkan ada pula pedagang kopi gerobak yang menjajakan dalgona coffee seharga Rp 5.000 saja.
 
Cara membuat dalgona coffee sendiri cukup mudah, yaitu dengan memadukan kopi instan tanpa ampas, air panas, gula, dan susu. Kopi ini semakin naik daun saat banyak orang yang mengunggah proses pembuatannya ke media sosial seperti Twitter, Instagram, dan TikTok.
 
2. Kopi Susu Literan
Pandemi tidak menyurutkan minat pencinta es kopi susu untuk tetap dapat menikmati minuman favorit mereka. Beberapa bulan lalu saat kafe-kafe hanya diperbolehkan untuk menerima pesanan take away dan delivery, masyarakat tetap dapat menyeruput es kopi susu di rumah dengan mengandalkan layanan ojek online. Banyak kafe yang menjual es kopi susu literan agar masyarakat bisa menyimpannya di rumah dan diminum kapan saja.
 
Kopi susu yang dikemas dalam botol besar berukuran satu liter ini bisa dinikmati hingga beberapa hari jika disimpan di dalam kulkas.
 
3. Frozen Food
Seolah mendukung imbauan untuk #dirumahaja, frozen food atau makanan beku memudahkan masyarakat yang ingin menstok makanan di rumah tanpa khawatir makanan tersebut akan busuk atau tidak layak makan, sehingga tidak perlu sering-sering ke luar rumah untuk belanja bahan makanan.
 
Mereka yang menjual frozen food di masa pandemi mengaku mengalami peningkatan yang cukup pesat dibanding biasanya. Sistem yang digunakan bisa dalam bentuk reseller, atau menjual langsung ke konsumen. Produk frozen food yang sering diburu pun beragam. Mulai dari chicken nugget, sosis, fish roll, dimsum, hingga donat kentang.
 
4. Salmon Mentai
Makanan khas Jepang satu ini juga tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Mentai atau mentaiko memiliki ciri khas seperti berlapis tobiko, dan ditaburi racikan mayonaise khas Jepang atau yang kerap disebut saus mentai. Banyak bisnis rumahan yang menjual makanan ini karena melihat masyarakat yang ingin menikmati mentai tapi enggan keluar rumah atau membuatnya sendiri.
 
5. Korean Garlic Cheese Bread
Sama seperti dalgona coffee, Korean garlic cheese bread juga berasal dari Korea selatan. Di negeri asalnya, makanan ini biasa ditemukan di penjaja street food, salah satunya di area Gangnam Station, Seoul. Banyaknya orang yang mengunggah video saat mereka sedang membuat Korean garlic cheese bread juga menjadi salah satu penyebab makanan ini viral di media sosial.
 
Di Indonesia pun kini ada banyak toko roti yang menjual Korean garlic cheese bread. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di sini.

Share this article?

MUST SEE