CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Mau Belajar Bikin Kue di Rumah? Wajib Punya 5 Peralatan ini

By Isny Dewi R

09 July 2020

5 peralatan yang wajib Anda miliki jika ingin belajar bikin kue di rumah.

Photo source: Pixabay
 
 
Apakah Anda termasuk yang hobi membuat kue selama #dirumahaja? Atau Anda baru mau mencoba membuat kue sendiri di rumah? Jika ya, pastikan Anda memiliki lima peralatan ini terlebih dulu.
 
1. Oven
Meski ada sebagian kue yang bisa dibuat tanpa harus menggunakan oven, tapi kebanyakan kue dibuat dengan cara memanggangnya di dalam oven. Ada dua jenis oven yang populer di Indonesia yakni oven kompor dan oven listrik. Pilih lah yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.
 
2. Hand Whisk
Alat satu ini digunakan untuk mengolah atau mengocok adonan yang bersifat ringan seperti putih telur. Jika hendak membeli hand whisk, pilih lah yang memiliki banyak jalinan kawat agar udara yang masuk semakin banyak, sehingga menghasilkan adonan yang berkualitas. Pilih juga hand whisk yang terbuat dari bahan stainless steel agar tidak mudah karatan. Selain untuk mengocok putih telur, hand whisk juga dapat digunakan untuk mencampur aneka bahan kering.
 
3. Mixer
Pada dasarnya manfaat mixer adalah untuk mempercepat dan mempermudah proses pengadukan adonan, sehingga sifatnya tidak terlalu esensial. Jadi, jika Anda ingin membeli mixer, beli lah yang harganya terjangkau, tak perlu yang terlalu mahal. Apalagi saat ini ada banyak mixer berkualitas dengan harga di bawah Rp 500 ribu.
 
4. Loyang
Loyang menjadi salah satu peralatan penting dalam proses pembuatan kue, karena digunakan sebagai wadah untuk meletakkan adonan kue. Anda bisa membeli loyang yang bentuknya standar seperti bulat atau kotak. Sedangkan untuk ukurannya, bisa Anda sesuaikan dengan ukuran oven.
 
5. Timbangan
Agar hasil kue lebih maksimal, dibutuhkan ketelitian tinggi dalam menakar bahan-bahan. Oleh karena itu, timbangan menjadi salah satu alat penting bagi Anda yang ingin membuat kue. Selain itu, ada juga beberapa bahan yang sukar untuk akurat jika hanya ditimbang dengan mengira-ngira saja. Anda bisa membeli timbangan digital untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Share this article?

MUST SEE