CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

5 Podcast Indonesia yang Wajib Didengar

By Isny Dewi R

07 February 2020

Rekomendasi podcast Indonesia yang patut didengar untuk mengisi waktu luang.

Banyak dari Anda yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan Podcast, tapi tak sedikit pula yang belum mengenal rekaman audio kekinian satu ini. Beberapa jaringan media internasional seperti BBC, sudah merekam dan menyebarluaskan podcast sejak sembilan tahun lalu. Di Indonesia, fenomena Podcast baru populer sekitar dua tahun terakhir.

Siniar atau podcast menurut KBBI adalah siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital yang diunduh melalui internet. Meski begitu, masih banyak yang beranggapan bahwa podcast mirip seperti radio karena formatnya sama-sama audio. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun secara teknis, podcast tetap berbeda dengan siaran radio.

Kini sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast seperti Spotify, Anchor, Apple Podcast, Google podcast, Soundcloud, dan lain sebagainya. Spotify, layanan streaming musik ini menjadi platform paling populer untuk mendengarkan podcast.

Ada banyak kategori podcast yang bisa Anda dengarkan, mulai dari berita, politik, kejahatan, keuangan, teknologi, komedi, hingga kisah horor. Di Indonesia pun kini semakin banyak podcaster (pembuat podcast) yang hadir untuk memberikan informasi atau sekadar menghibur pendengarnya melalui podcast-podcast yang mereka unggah.

Jika Anda merupakan pendengar baru di dunia podcast, berikut rekomendasi podcast Indonesia yang patut didengar untuk mengisi waktu luang, dilansir dari TunaiKita.

1. Rapot
Anda butuh hiburan untuk mengurangi rasa penat karena banyaknya pekerjaan? Maka Anda harus mendengar podcast satu ini. Bisa dibilang, Rapot merupakan podcast komedi karena membawakan materi ringan berupa hal-hal yang sering kita temui sehari-hari, dengan banyak guyonan-guyonan unik yang tentunya sangat menghibur.

Podcast yang dibawakan oleh Reza Chandika, Ankatama Ruyatna, Radhini Aprilya, dan Nastasha Abigail bermula karena beberapa di antara mereka merupakan mantan penyiar radio yang rindu siaran dan ingin bisa berkumpul bersama. Hadir sejak Maret 2019, Rapot kini sudah masuk episode ke-48. Podcast komedi ini berhasil menempati peringkat ke-empat dalam Podcast Charts Indonesia di Spotify.

Instagram: @_rapot

2. Sudut Pandang
Podcast ini dibawakan oleh Aria Notharia. Kini sudah memiliki 15 konten podcast, Sudut Pandang membahas tentang kehidupan generasi milenial di masa sekarang. Obrolan-obrolan seru dan santai khas anak muda, menjadi daya tarik podcast ini. Tak jarang, Aria membuat monolog diiringi backsound sendu berisi pesan-pesan kehidupan.

Sudut Pandang merupakan hasil dari pemrosesan informasi terkait dinamika manusia beserta masalahnya yang pernah terjadi di masa lalu atau yang mungkin akan datang di masa depan. Podcast ini biasanya diawali dengan membahas fenomena yang terjadi disekitar kita sampai di tengah proses bermonolog dan berdialog, maka akan ditemukan sudut pandang baru dari fenomena yang menjadi topik utama.

Meski menyajikan obrolan khas anak muda, Aria tidak menyajikan obrolan ngalor-ngidul, ia justru akan membawa Anda ke sebuah perbincangan yang terstruktur dan jelas arahnya. Pola pikir yang runut tergambar dari bagaimana Aria membawakan materi podcast-nya.

3. Subjective


Photo Credit: Instagram @iqbalhape

Podcast milik Iqbal Hariadi ini hadir sejak tahun 2015. Selain menjadi seorang podcaster, Iqbal juga seorang blogger. Subjective kini sudah memiliki sekitar 100 episode. Podcast Subjective berisi kumpulan cerita dan karya anak muda Indonesia. Melalui podcast ini, Iqbal berbagi kisah, insight, dan tips praktis pengembangan diri untuk anak muda.

Instagram: @iqbalhape

4. So Mad About Life
Podcast ini membahas seputar realitas hidup seperti masalah-masalah yang kerap terjadi dalam hidup dan terasa membebankan. Dipandu oleh Alvi & Ardhi, So Mad About Life juga memberikan pencerahan lewat dialog-dialog inspiratif yang ending-nya untuk mengubah perspektif pendengar tentang hidup.

5. Do You See What I See?


Picture Source: Instagram @podcasthoror.id

Podcast yang satu ini bergenre horor. Do You See What I see menyajikan cerita-cerita horor berdasarkan pengalaman orang-orang yang mengirimkan cerita horornya. Mizter, begitulah sapaan pemilik podcast ini, mengkurasi beberapa pengalaman mistis yang ia dapat dari berbagai macam sumber.

Do You See What I see mengumpulkan cerita-cerita horor yang dirangkum dalam beberapa episode. Salah satu pengalaman mistis yang paling populer yaitu cerita rumah eyang Mizter di Yogyakarta. Bahkan video cerita horor yang sempat diunggah oleh sahabatnya, Raditya Dika, tersebut sempat menjadi trending topic di Youtube.

Instagram: @podcasthoror.id

Top Picture Source: Instagram @_rapot

Share this article?

MUST SEE