CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Prinsip Membangun Hidup Sejahtera di Masa Pensiun

By Isny Dewi R

02 March 2020

Prinsip-prinsip yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan hidup yang sejahtera di masa pensiun.

Hidup sejahtera dan serba berkecukupan tentu menjadi cita-cita banyak orang, termasuk ketika sudah pensiun. Namun, untuk mewujudkannya di masa pensiun membutuhkan waktu yang lama. Meski begitu, cara untuk mewujudkannya tidak lah sesulit yang Anda bayangkan, asalkan Anda bisa mengelola keuangan dengan baik. Dilansir dari MarketWatch, berikut lima prinsip yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan hidup yang sejahtera di masa pensiun.

1. Jadikan Kemerdekaan Finansial Sebagai Tujuan
Kebebasan finansial bukanlah sesuatu yang baru saja terwujud. Ini seperti membentuk tubuh. Sebagian besar dari kita tidak akan menurunkan berat badan atau menambah kekuatan dengan menolak mengubah kebiasaan kita dan memprioritaskan kebugaran dan diet. Itu tidak akan terjadi. Hidup tidak bekerja seperti itu. Kebebasan finansial - seperti halnya mendapatkan bentuk tubuh, membutuhkan dorongan dan dedikasi, dan langkah pertama adalah menjadikannya tujuan utama.

Begitu kita menetapkan pikiran kita untuk mencapai tujuan, manusia cenderung secara implisit mulai mengambil keputusan untuk mendukung tujuan itu. Anda mungkin keluar untuk makan lebih sedikit dan mengurangi langganan bulanan (seperti televisi kabel). Anda bahkan mungkin menyimpan ponsel lebih dari setahun sebelum memutakhirkannya.

Anda akan meminta atasan atau bank untuk secara otomatis menyimpan sebagian dari gaji Anda ke dalam rekening pensiun. Dengan kata lain, itu tidak akan menjadi perjuangan mental untuk menabung daripada membelanjakan, ketika kebebasan finansial adalah prioritas nomor satu. Dan Anda tidak akan kehilangan uang karena Anda tahu ke mana perginya. Itu membangun sesuatu yang kuat. Sesuatu yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai kebebasan dan kemerdekaan untuk merancang hidup Anda sendiri.

2. Investasikan dalam Aset yang Bernilai
Meskipun benar bahwa tidak ada yang pernah menjadi kaya dengan membelanjakan uang, mari kita selangkah lebih maju. Tidak ada yang pernah menjadi kaya hanya dengan menyelamatkannya.

Menyimpan uang lebih baik daripada membelanjakannya, tetapi kekayaan dibangun dengan menginvestasikan uang kita ke dalam aset yang berharga. Contohnya termasuk pasar saham, real estate (properti atau rumah), bisnis, hingga peninggalan atau benda bersejarah

Gagasan di balik prinsip ini sederhana. Anda membeli aset (misalnya, saham atau properti) dengan harga tertentu. Seiring waktu, aset tersebut meningkat nilainya. Dan akhirnya, Anda memiliki sesuatu yang bernilai lebih dari apa yang Anda bayar untuk itu.

Berapapun usianya, jika Anda belum mulai berinvestasi dalam aset yang bernilai, mulailah. Ketika berbicara soal investasi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

3. Otomatisasi
Berikut ini trik cerdas untuk memastikan Anda menabung dan berinvestasi setiap bulan, buat otomatis, persis seperti mesin. Sebagian besar perusahaan akan secara otomatis memberikan kontribusi langsung dari gaji Anda ke dalam rekening investasi Anda. Setelah diatur, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Otomasi membantu memastikan proses yang berulang dan dapat diandalkan yang perlu terjadi setiap bulan. Ini juga bermanfaat untuk menghindari biaya keterlambatan dan bunga. Itu semua karena menyiapkan proses otomatis yang menjamin bahwa hal-hal terjadi ketika mereka harus terjadi.

4. Pengetahuan Mumpuni tentang Arus Kas
Setiap bulan, uang masuk dan uang keluar. Bagi kebanyakan dari kita, uang masuk melalui gaji kita. Mungkin juga berasal dari pekerjaan sambilan yang Anda lakukan untuk mendapatkan uang ekstra.

Uang juga habis untuk membayar sewa atau hipotek, makanan, pengeluaran restoran, televisi kabel dan tagihan telepon seluler kita, dan apa pun yang kita beli atau belanjakan selama sebulan. Itu uang keluar.

Bersama-sama, pemahaman terperinci tentang arus kas Anda (uang masuk vs. uang keluar) berarti Anda tahu persis apa yang Anda belanjakan dan, idealnya, berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan. Ini adalah salah satu prinsip uang paling mendasar.

Ingat, lihat lah tagihan Anda alih-alih membuangnya, pastikan Anda memahami setiap item baris pada tagihan Anda! Pengeluaran ‘menyenangkan’ harus datang setelah membayar tagihan Anda dan mendanai akun pensiun Anda; pastikan bahwa Anda mengetahui semua langganan bulanan Anda yang membutuhkan biaya; pengeluaran kecil bertambah dengan cepat seperti kopi pagi, makan siang, mengambil sekantong dendeng, semuanya bertambah.

Ingat, jangan memotong semua pengeluaran ‘menyenangkan’. Lebih baik Anda mengetahui dengan tepat ke mana uang Anda pergi, dengan begitu Anda dapat membuat keputusan cerdas, mana pengeluaran yang harus dipotong.

5. Hilangkan Utang Anda
Utang tidak selalu buruk, jika digunakan dengan benar, utang dapat lebih memposisikan kita untuk menghasilkan uang dalam jangka panjang. Misalnya, pinjaman untuk membangun bisnis baru atau meneruskan tingkat pendidikan tentu dapat bermanfaat bagi Anda di luar apa yang Anda bayar.

Namun, banyak dari Anda yang tidak mengambil utang dengan cara itu. Sebagai gantinya, kebanyakan orang menggunakan utang sebagai alat untuk membelanjakan uang yang tidak mereka miliki.

Terlalu banyak dari kita menghabiskan uang yang tidak kita miliki, dan kita tidak perlu menggunakan utang untuk meningkatkan kehidupan kita. Ketika kita terkubur di bawah gunung utang, hampir tidak mungkin untuk membangun kekayaan karena kita menggali diri kita sendiri keluar dari lubang.

Kebebasan finansial tidak selalu berarti Anda tidak punya utang. Hidup tidak sesederhana itu, dan kebebasan finansial juga tidak. Sebaliknya, itu berarti bahwa utang Anda tidak menempatkan Anda pada posisi lemah dengan membelanjakan uang untuk hal-hal yang nilainya terdepresiasi dan merugikan keuangan Anda.

Utang pintar adalah utang yang meningkatkan masa depan Anda dan mendukung tujuan jangka panjang Anda. Utang pintar adalah utang baik. Jangan terima jenis lain apa pun.

Top photo credit: pixabay.com/users/geralt

Share this article?

MUST SEE