CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Rice Bowl Paling Enak di Jakarta

By Isny Dewi R

06 December 2019

Rice bowl paling enak di Jakarta yang harus kamu cicipi.

Siapa yang tak kenal rice bowl? Makanan berisi nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya dan disajikan di dalam mangkuk ini begitu disukai banyak orang karena praktis, penuh inovasi, dan harganya juga bersahabat. Apalagi kini semakin banyak gerai makanan yang menawarkan menu rice bowl. Tapi kalau kamu mencari yang paling enak, ini dia pilihannya!

1. Bansan
Gerai makanan yang lokasinya cukup dekat dengan stasiun MRT Cipete ini akan memanjakan lidah kamu dengan makanan Jepang yang mendapatkan pengaruh budaya Barat atau dikenal dengan istilah Yoshoku Food. Konsep ini hadir dalam tiga menu rice bowl Bansan, OG Chicken Nanban (Rp 40.000), Fire Nanban (Rp 43.000), dan Triple Sauce Roast Beef (Rp 55.000).

Kalau boleh jujur, favorit Check In Jakarta adalah OG Chicken Nanban. Menu rice bowl ini berisi potongan-potongan kecil ayam goreng tepung yang dilumuri saus kecokelatan, saus tartar, serta ditaburi daun bawang dan tobiko di atasnya. Potongan ayamnya terasa gurih dan manis. Rasanya pun semakin lezat berkat saus tartar homemade.

Yang menarik, nasi yang digunakan di semua menu Bansan terasa pulen dan terdapat rasa gurih ringan, yang ternyata berasal dari furikake. Furikake sendiri merupakan campuran ikan kering, biji wijen, rumput laut, garam, gula dan perasa makanan yang biasa dipakai di Jepang.

Instagram: @bansanjkt
Alamat: Jl. Cipete Raya No.65, Cipete Sel., Cilandak, Jakarta Selatan
No. Telp: 021-7663228
Email: bansanjkt@gmail.com
Jam buka: Setiap hari: 11.00 – 21.00 WIB

2. Black Cattle
Gerai rice bowl yang berlokasi di Pasar Santa, Jakarta Selatan ini hanya menyediakan tiga menu yang sama-sama berisi nasi dan irisan tipis daging sapi, yang membedakan adalah rasa dan makanan pendampingnya. Tiga varian tersebut antara lain Double Ontama (Rp 50/60 ribu) dengan tambahan dua telur ontama, Grilled Gyudon (Rp 35/45/55 ribu) untuk versi original, dan Spicy Korean Beef (Rp 35/45/55 ribu) untuk yang suka pedas.


Photo Credit: Instagram @biteandbrew

Seporsi rice bowl berisi nasi, nori kering, onsen egg, dan daun bawang cincang. Beef slice-nya dibumbui dengan sangat baik, terasa manis gurih khas makanan Jepang. Rasanya semakain nikmat saat disantap bersama nasinya yang masih hangat.

Instagram: @blackcattlejkt
Alamat: Pasar Santa, Food Court Lantai 1, BKS101 103, Senopati, Jakarta Selatan
No. Telp: 0819-0556-5656
Jam buka: Senin – Jumat: 10.00 – 20.00, Sabtu: 11.00 – 22.00, Minggu: 11.00 – 20.00 WIB

3. Foodz by Toodz House
Kita kembali ke kawasan Cipete lagi, kali ini giliran Foodz by Toodz House yang bakal manjakan lidah kamu. Rice bowl di sini terkenal akan carbonara sauce-nya. Semua menu carbonara sauce di Foodz memiliki rasa creamy dan milky, serta sedikit rasa asin gurih dari garam dan blackpepper. Kalau kamu bingung mau pesan yang mana, kamu bisa pilih Beef Philly Cheese dengan tekstur agak basah.


Photo Credit: Instagram @foodzbytoodz

Ada juga nih menu untuk vegetarian, Mushroom Dabu Carbonara. Menu ini menggunakan jamur untuk menggantikan daging. Mushroom-nya digoreng dengan tepung, dan dabu sambalnya juga terasa fresh. Buat yang suka pedas, kami sarankan kamu memilih Pulled Chicken with Foodz Sambal yang disajikan dengan grilled baby corn.

Instagram: @foodzbytoodz
Alamat: Jl. Cipete Raya Blok B No.7, Cipete Sel., Cilandak, Jakarta Selatan
No. Telp: 0838-9566-5976
Jam buka: 09.00 – 23.00 WIB

4. Truffle Belly
Rice bowl di Jakarta satu ini cukup unik karena menggunakan truffle oil, yap sesuai sama namanya. Truffle oil membuat aroma hidangan jadi lebih harum, dan rasanya lebih gurih. Ada empat menu rice bowl yang dibaluri truffle oil; Truffle Chicken Mentai Sauce, Truffle Chicken Cheese Sauce, Truffle Chicken Mushroom Sauce, dan Truffle Chicken Cajun Spice. Semuanya dibanderol seharga Rp 32 ribu saja.


Photo Credit: Instagram @truffle.belly

Salah satu menu rice bowl yang perlu kamu cicipi adalah Truffle Chicken Mushroom Sauce. Ayamnya bertekstur renyah, dengan saus jamur yang terasa creamy, telur mata sapi, dan campuran potongan jamur kancing yang cukup besar. After taste-nya terasa aroma truffle oil yang khas. Truffle Belly tersebar di lima lokasi, di antaranya Meruya, Green Garden, Gajah Mada Food Street, Ampera garden, dan Conblock Alsut.

Instagram: @truffle.belly

5. Mangkok Ku
Gerai makanan milik chef Arnold dan kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ini menawarkan menu rice bowl dengan cita rasa lokal, seperti Mangkok Ox-Tongue Dabu (Rp 49 ribu) yang berisi irisan tipis lidah sapi dengan topping sambal dabu pedas yang nikmat.


Photo Credit: Instagram @mangkokku_id

Kalau kamu tidak suka lidah, kamu bisa memilih Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg (Rp 54 ribu), Mangkok Brisket Spicy Sauce (Rp 51 ribu), Mangkok Crispy Chicken (Rp 41 ribu), Mangkok Fire Fried Chicken (Rp 39 ribu), atau Mangkok Omu Egg (Soft Scrambled) Sausage Mayo (Rp 19 ribu).

Instagram: @mangkokku_id
Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No. 359 C, Tanjung Duren, Jakarta Barat
No. Telp: 0812-1138-2132
Email: mangkokkuindonesia@gmail.com
Jam buka: setiap hari: 11.00 – 22.00 WIB

Share this article?

MUST SEE