CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Taman di Jakarta yang Bisa Dikunjungi selama PSBB Transisi

By Isny Dewi R

13 August 2020

Taman di Jakarta yang sudah kembali dibuka di masa PSBB transisi.

Photo source: Check In Jakarta doc. / Isny
 
 
Apakah Anda berencana mengunjungi taman kota di Jakarta akhir pekan ini? Jika ya, pastikan Anda mengecek terlebih dulu taman mana saja yang sudah kembali dibuka di masa PSBB transisi. Lima di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini! Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat mengunjungi taman, ya!⁣
 
1. Taman Sungai Kendal
Salah satu Taman Maju Bersama (TMB) ini dibangun pada tahun 2019. Berlokasi di Jalan Sungai Kendal, Rorotan, Cilincing, Taman Sungai Kendal merupakan salah satu taman di Jakarta Utara yang dapat dikunjungi pada masa PSBB transisi. Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini seperti jogging track, area bermain anak, toilet, hingga danau buatan. Jika datang saat sore, jangan lupa menyaksikan matahari terbenam yang indah di taman ini.
 

Photo source: Instagram @tamanhutandki
 
  • Taman Sungai Kendal
  • Alamat: Jalan Sungai Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara
 
2. Taman Kebagusan 1
Untuk warga Jakarta Selatan yang ingin berkunjung ke taman, ada beberapa taman yang bisa Anda kunjungi selama PSBB transisi. Salah satunya adalah Taman Kebagusan I. Sesuai namanya, Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini terletak di Jalan Kebagusan I, kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selama masa PSBB Transisi, taman ini dibuka dalam dua tahap. Tahap pertama pukul 06.00 – 10.00, sedangkan tahap kedua pukul 14.00 – 17.00.
 

Photo source: Instagram @temantaman.jkt
 
  • Taman Kebagusan 1
  • Alamat: Jalan Kebagusan I, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
 
3. Taman Green Garden
Sementara untuk warga Jakarta Barat, terutama bagi yang bermukim di kawasan Komplek Green Garden, Kedoya, bisa mengunjungi Taman Green Garden untuk beraktivitas di luar rumah dan berada dekat dengan alam. Uniknya, taman yang dapat dikunjungi di masa PSBB Transisi ini menyimpan banyak bunga tecomaria kuning yang begitu sedap dipandang. Ada juga jogging track dan lapangan basket bagi masyarakat yang ingin berolahraga.
 

Photo source: Instagram @temantaman.jkt
 
  • Taman Green Garden
  • Alamat: Jl. Komp. Green Garden, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
 
4. Taman Bambu
Taman Bambu menjadi salah satu taman di Jakarta Timur yang dapat Anda kunjungi di masa PSBB Transisi, RTH di Jakarta ini terletak di Jalan Rawa Binong Blok Jacky No.60, Setu, Cipayung. Yang menarik dari Taman Bambu adalah selain sebagai sarana rekreasi masyarakat, taman ini juga berfungsi sebagai taman hujan (rain garden). Ini karena, Taman Bambu memiliki tiga kolam yang berfungsi sebagai resapan air hujan limpahan ke dalam tanah. Kolam-kolam ini juga tak kalah indah untuk diabadikan dengan kamera Anda.
 

Photo source: Instagram @mamanski
 
  • Taman Bambu
  • Alamat: Jl. Rawa Binong Blok Jacky No.60, Setu, Cipayung, Jakarta Timur
 
5. Taman Piknik
Taman yang berlokasi di Jalan Manunggal II, Makasar, Jakarta Timur ini juga menjadi salah satu taman di Jakarta Timur yang bisa dikunjungi selama masa PSBB Transisi.
 
Suasana asri terasa saat memasuki taman yang dihiasi berbagai macam tanaman. Terdapat tangga menuju taman utama yang cukup unik, karena di bawah tangga tersebut dibangun kolam retensi dan bioswale (penyaring polutan) sebagai tempat pengendalian air. Di area taman utama juga terdapat beberapa pohon tabebuya. Taman Piknik juga dilengkapi tempat duduk yang terbuat dari beton dan beberapa permainan anak.
 

Photo source: Instagram @temantaman.jkt

 
Taman Piknik cukup nyaman dikunjungi dan pemandangannya pun cukup indah. Taman ini juga merupakan bagian dari program TMB yang memiliki fungsi utama ekologis sekaligus menambah estetika kota, serta ruang interaksi warga, dan tentunya murah meriah. Sebelum direvitalisasi menjadi Taman Piknik, kawasan ini merupakan sebuah lahan kosong yang biasa digunakan warga sekitar sebagai tempat pembuangan sampah.
 
  • Taman Piknik
  • Alamat: Jl. Manunggal II, Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur

Share this article?

MUST SEE