CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Harus Dikunjungi Setelah Pandemi

By Isny Dewi R

12 June 2020

Photo source: Pixabay
 
 
Apakah kamu punya bucket list setelah pandemi COVID-19 berakhir? Apakah traveling salah satunya yang ada di bucket list kamu? Jika ya, biar Check In Jakarta bantu kamu dengan memberikan rekomendasi beberapa kota wisata di Indonesia yang patut kamu kunjungi untuk menghilangkan kepenatan setelah pandemi COVID-19 usai. Cek daftarnya di bawah ini, ya!
 
1. Pacitan
Salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur ini berada di bagian selatan pulau Jawa. Banyaknya goa di Pacitan membuatnya dijuluki sebagai kota 1001 goa. Meski begitu, kabupaten ini tak hanya menawarkan keindahan goa-goanya saja, tapi juga pantai-pantai di pesisir selatan dan sungai yang begitu menakjubkan. Bahkan banyak wisatawan mancenagara yang tertarik berkunjung ke Pacitan untuk menikmati keindahan alamnya hingga menguji adrenalin dengan berselancar.
 
Beberapa wisata alam yang harus kamu kunjungi saat bertandang ke Pacitan antara lain Pantai Buyutan, Pantai Pangasan, Pantai Srau, Pantai Soge, Pantai Kasap, Pantai Banyu Tibo, Pantai Karang Bolong, Sungai Maron, Kali Congkel, Grojogan Duwur, dan Goa Gong.
 
Photo credit: Instagram @ricsnt
 
Untuk menuju kota kelahiran mantan presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono ini Anda bisa menggunakan bus AKAP dengan tujuan Pacitan. Bisa juga menggunakan KA jarak jauh lalu turun di Solo atau Jogja, dan meneruskan perjalanan menggunakan bus menuju Pacitan.
 
2. Kebumen
Bisa dibilang Kebumen merupakan salah satu ‘permata’ tersembunyi di Jawa Tengah. Berada di sisi selatan pulau Jawa, destinasi wisata di kabupaten ini juga didominasi pantai. Meski demikian, Kebumen juga memiliki daya tarik wisata alam lainnya yang bakal membuatmu terpesona.
 
Photo credit: Instagram @trendych
 
Beberapa tempat wisata di Kebumen yang harus masuk ke bucket list-mu antara lain Bukit Pentulu Indah, Bukit Jerit, Pantai Menganti, Pantai Watu Bale, Pantai Surumanis, Benteng Van Der Wijck, Bukit Sempor, Bukit Senuk, Bukit Hood, dan masih banyak lagi.
 
Untuk menuju Kebumen dari Jakarta, kamu bisa memilih naik kereta dan turun di Stasiun Kebumen.

3. Flores
Pulau yang berada di wilayah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur ini memang cocok untuk kamu yang ingin melarikan diri dari peradaban modern di kota-kota besar. Sesuai namanya yang berasal dari Bahasa Portugis yang berarti “bunga,” alam di Flores memang seindah dan secantik bunga yang bermekaran.
 
Sebagian besar orang mungkin hanya mengenal Taman Nasional Komodo atau Labuan Bajo sebagai objek wisata di Flores. Padahal, ada banyak keindahan yang tersaji di sini mulai dari air terjun yang eksotis, Cunca Wulang; kolam alami nan jernih yang tersembunyi di dalam Goa Rangko; desa terpencil di atas pegunungan berisi rumah-rumah adat yang menawan di Wae Rebo; hamparan sawah yang bentuknya menyerupai jaring laba-laba di Desa Cancar; hingga Pulau Mules yang begitu eksotis dan terkenal sebagai surga surfing.
 
Photo credit: Instagram @giskheke
 
Untuk menuju Flores, kamu bisa menggunakan pesawat yang melayani penerbangan Jakarta – Labuan Bajo. Atau jika kamu ingin berhemat, kamu bisa menaiki kapal PELNI dari Bali, namun dengan waktu tempuh yang lebih lama tentunya.
 
4. Berau
Berada di provinsi Kalimantan Timur, kabupaten Berau menyimpan banyak keeksotisan alam yang akan membuatmu terpana seperti Kepulauan Derawan.
 
Kepulauan Derawan memiliki sedikitnya empat pulau yang sudah akrab di telinga wisatawan antara lain Pulau Derawan dengan air laut jernih dan pasir putihnya; Pulau Maratua, pulau terluar dengan Goa Haji Mangku yang begitu memesona di dalamnya; Pulau Sangalaki, surga kecil yang menjadi habitat asli penyu hijau; serta Pulau Kakaban yang begitu menakjubkan dengan danau yang mendominasi wilayah ini.
 
Photo credit: Instagram @mazayagalva
 
Selain menjadi rumah bagi pulau-pulau kecil yang eksotis, kabupaten Berau juga menawarkan keindahan lainnya yang juga sudah cukup populer, yakni Danau Labuan Cermin. Tak heran jika dinamakan Labuan Cermin, karena airnya yang begitu bening dan mengilap seperti cermin.
 
5. Gorontalo
Menurut dinas pariwisata setempat, Gorontalo masuk kawasan Wallacea yang kaya akan keanekaragaman hayati, endemisitas tinggi, serta kaya akan budaya. Jika kamu berencana traveling ke Gorontalo, jangan lewatkan berkunjung ke lima objek wisata berikut ini:
 
- Pulo Cinta Eco Resort
Bisa dibilang, Pulo Cinta merupakan obyek wisata yang cukup terkenal di Gorontalo. Pulau ini sering dijuluki sebagai Maldives-nya Indonesia. Awalnya, Pulo Cinta hanya gundukan pasir yang muncul saat air laut surut, hingga akhirnya dibangun beberapa cottage di atas pulau pasir ini. Pulo Cinta sangat cocok untuk kamu yang ingin bulan madu.
 
- Pulau Saronde
Obyek wisata ini terletak di Kabupaten Gorontalo Utara. Pulau yang begitu cantik ini dapat dijangkau dengan perjalanan laut selama 45 menit dari Kwandang, Ibu Kota Gorontalo Utara. Hamparan pasir putih nan halus dengan air laut yang jernih akan menyambutmu begitu tiba di pulau ini.
 
Photo credit: Instagram @enoviando
 
- Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Umumnya, wisatawan yang datang ke hutan belantara ini tertarik untuk melihat kehidupan liar yang ada di dalamnya. Satwa yang menjadi maskot Taman Nasional Bogani Nani Wartabone adalah burung maleo, jenis burung berkaki besar atau megapodae yang menjadi penghuni hutan ini.
 
- Pantai Ratu
Obyek wisata ini menawarkan keindahan pantai dan kehidupan liar di sekitarnya. Kamu dapat menikmati semua itu dalam rangkaian jembatan kayu yang dibuat meliuk-liuk di atas permukaan air laut. Ada juga beberapa gazebo yang dibangun untuk pengunjung yang ingin beristirahat.
 
- Taman Laut Olele
Taman laut ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo. Pantai Olele terkenal akan keindahan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Tak hanya itu, ragam warna-warni karang akan menyambut pengunjung yang datang untuk menyelam. Istimewanya lagi, di taman laut ini terdapat sponge coral endemik yang mungkin tidak dapat ditemukan di perairan manapun. Dan keberadaannya pun sangat diburu para penyelam mancanegara.

Share this article?

MUST SEE