CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

6 Tayangan Dokumenter Netflix Hadir di TVRI, Hasil Kerja Sama dengan Kemendikbud

By Isny Dewi R

03 July 2020

Kemendikbud bekerja sama dengan Netflix sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah dan untuk pertama kalinya di dunia, film-film dokumenter Netflix ditayangkan melalui saluran televisi.

Picture source: kemdikbud.go.id
 
 
Memasuki kalender akademik libur sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan penyedia layanan hiburan streaming, Netflix. Sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah dan untuk pertama kalinya di dunia, film-film dokumenter Netflix ditayangkan melalui saluran televisi.
 
Sejak 20 Juni 2020, film-film dokumenter orisinal Netflix tayang perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB. Tayangan-tayangan ini disiarkan secara terestrial melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI).
 
Program Belajar dari Rumah yang sudah diluncurkan sejak12 April 2020 merupakan alternatif belajar di tengah pandemi COVID-19. Upaya ini dilakukan Kemendikbud untuk memastikan masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran dari rumah, salah satunya melalui media televisi dengan jangkauan terluas di Indonesia.
 
“Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, di Jakarta, Rabu (17/06), dikutip dari situs web Kemendikbud.
 
Mendikbud menambahkan, “tidak terkecuali pada masa libur sekolah, Kemendikbud tetap berkomitmen untuk menyediakan tayangan berkualitas tinggi yang mendidik dan menghibur.”
 
Upaya untuk terus membangun pendidikan bermutu ketika menghadapi pandemi ini pun disambut baik oleh Netflix yang berkontribusi menyediakan konten kelas dunia untuk kerja sama ini tanpa biaya.
 
Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix Bela Bajaria mengatakan, “Netflix menawarkan berbagai jenis pilihan tayangan, termasuk film-film pemenang penghargaan, serial televisi untuk anak-anak dan keluarga, serta tayangan dokumenter.  Melalui kerja sama dengan Kemendikbud, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dan menikmati tayangan dokumenter Netflix Original.”
 
Program Belajar dari Rumah melalui televisi berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, penumbuhan karakter, dan perluasan wawasan kebudayaan. Kemendikbud dalam hal ini terbuka terhadap konten positif, baik dari Indonesia maupun mancanegara sebagai bentuk gotong royong pembelajaran di masa darurat.
 
Beberapa tayangan dokumenter orisinal Netflix yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah di TVRI antara lain:
 
1. Our Planet
Serial dokumenter asal Inggris ini dinarasikan oleh David Attenborough dan diproduksi oleh Silverback Films. Our Planet membahas isu-isu konservasi sambil menampilkan hewan-hewan yang berbeda di daerah asal masing-masing, dan telah dicatat karena fokusnya yang lebih besar pada dampak manusia terhadap lingkungan daripada dokumenter alam tradisional, yang berpusat pada bagaimana perubahan iklim berdampak pada semua makhluk hidup.
 
Terdiri dari delapan episode, salah satu episode Our Planet berkisah tentang makin berkurangnya hutan tropis di Pulau Sumatera, Indonesia. Hal ini memengaruhi keberadaan makhluk hidup di dalamnya, seperti orang utan.
 
2. Street Food: Asia
Street Food: Asia mengangkat tentang ragam jajanan jalanan di Asia, termasuk Indonesia. Mulai dari pembuatan hingga penyajiannya. Salah satu episodenya bercerita tentang street food yang sangat laris di Jogja yakni Gudeg Mbah Lindu dan Lupis Mbah Satinem.
 
Serial dokumenter kuliner ini dibuat oleh David Gelb. Rekaman arsip dikombinasikan dengan wawancara tatap muka dan mengikuti koki makanan jalanan dan sejarah mereka, yang terkait dengan gambaran besar tentang bagaimana makanan jalanan berpengaruh di negara asal mereka.
 
3. Tidying Up with Marie Kondo
Serial televisi realitas ini mengikuti Marie Kondo, seorang organizing consultant asal Jepang dan pencipta metode KonMari, saat ia mengunjungi keluarga untuk membantu mereka mengatur dan merapikan rumah mereka.
 
4. Spelling the Dream
Film dokumenter ini mengikuti kisah empat siswa India-Amerika ketika mereka berlomba untuk mewujudkan impian mereka memenangkan turnamen mengeja terbesar di Amerika Serikat.
 
5. Chasing Coral
Chasing Coral adalah film dokumenter tahun 2017 tentang tim penyelam, ilmuwan, dan fotografer di seluruh dunia yang mendokumentasikan hilangnya terumbu karang. Film ini diproduksi oleh Exposure Labs dan disutradarai oleh Jeff Orlowski.
 
6. Night on Earth
Night on Earth adalah seri dokumenter alam yang dinarasikan oleh Samira Wiley dan diproduksi oleh Plimsoll Productions. Serial ini mengikuti binatang yang aktif pada malam hari dengan menggunakan teknologi canggih, dan kamera bercahaya rendah.
 
Semua tayangan dokumenter Netflix tersebut ditayangkan menggunakan terjemahan Bahasa Indonesia.

Share this article?

MUST SEE