CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

9 Rekomendasi Restoran Fine Dining Indonesia di Jakarta

By Rachelle Kandou

02 March 2016

Pilihan restoran fine dining dengan sajian makanan Indonesia

Photo: Jay Wennington - Unsplash

Cari makanan Indonesia yang disajikan dengan spesial? Check In Jakarta merekomendasikan 9 restoran fine dining yang menyajikan masakan Indonesia maupun peranakan yang wajib Anda coba. Selamat membaca dan selamat mencoba! 

1. Tugu Kunstkring Paleis


Photo: indonesiaexpat.biz

Saat memasuki restoran yang satu ini, nuansa tempo dulu terasa begitu kental. Karena sebelumnya gedung ini merupakan kantor imigrasi Jakarta. Uniknya, Tugu Kunstkring Paleis menyajikan menu-menu yang dilatarbelakangi dengan sejarah pada setiap menunya. Sebut saja salah satu menu rekomendasinya adalah Betawi Rijstaffel. Dalam bahasa Belanda, rijstaffel artinya ricetableRijstaffel merupakan hidangan nasi yang disajikan beserta lauk pauknya. Ada cerita di balik menu ini dan kenapa dinamakan rijstaffel. Dahulu, pada zaman kolonial Belanda, rijstaffel disajikan oleh para tuan tanah Belanda untuk menghormati dan menyambut kunjungan para tamunya. Sajian ini mulai dikenal pada tahun 1910. Dari situlah istilah rijstaffel lahir dan menjadi menu hidangan Indonesia yang biasa Anda temukan sehari-hari. Tetapi, rijstaffel di Kunstkring memiliki penyajian dan rasa yang berbeda. Resepnya pun berasal dari resep zaman dulu. Saat mengunjungi restoran ini, pastikan juga mencicipi hidangan Belanda seperti Hollandsche Kroket dan Dutch Style Breakfast. Lekker

2. Lara Djonggrang


Photo: Tugu Hotels

Sajian restoran yang satu ini terinspirasi dari ekspedisi yang dilakukan Kerajaan Majapahit pada saat pemerintahan Raja Hayam Wuruk, raja terbesar dan paling berkuasa di masanya. Pada saat melakukan ekspedisi, Hayam Wuruk beserta rombongannya terkesima dengan masakan yang disajikan pada setiap kota pelabuhan. Beberapa kota pelabuhan saat itu diantaranya adalah Sunda Kelapa, Banten, Samudra Pasai, Barus, Cirebon, Semarang, Demak, Palembang, Ternate, Tidore, dan Perairan Maluku. Uniknya lagi, kota-kota pelabuhan tersebut merupakan Jalur Sutra Nusantara. Sehingga di kota-kota tersebut banyak ditemukan makanan setempat yang mengalami percampuran rasa dari negeri asal para pedagang dari daratan Eropa dan Cina. Hidangan yang dapat Anda nikmati di sini antara lain Nasi Kajongan Wayan, Soto Empal Gentong Desa Battembat Cireboam, Sate Ayam Batang Tebu Bululawang, Rawon Iga Sapi, serta masih banyak lagi varian menu yang menggiurkan. Harga makan per orang di sini rata-rata berkisar Rp200.000,- Rp300.000,-. Tempat ini bisa dijadikan ide bagi Anda yang hendak mengajak tamu asing untuk menikmati santapan selera Nusantara.

3. Bunga Rampai


Photo: myguidejakarta.com

Resto yang satu ini memiliki interior yang klasik. Bangunannya pun merupakan bangunan tua berwarna putih dengan arsitektur yang indah. Tak jarang tempat ini juga dijadikan venue untuk arisan dan acara ulang tahun. Di sini Anda bisa menikmati Putik Sari Dua Rasa, Salad Kecipir, Iga Cabe Ijo, Ayam Anyelir, Sate Bunga Rampai, Gurame Onje Telur Asin, Bawal Mutiara Bakar Rica, yang siap memanjakan lidah Anda. Hmmm, yummy!

4. Café Batavia


Photo: jakartaglobe.id

Tahukah Anda, kalau gedung yang sekarang dijadikan Café Batavia ini sudah berdiri dari tahun 1850? Dengan memanfaatkan peninggalan kolonial Belanda inilah akhirnya Café Batavia muncul. Letaknya berada persis di depan Museum Fatahillah, sehingga mudah untuk dicari. Nah, bagi Anda yang sedang menjelajahi Kota Tua, sempatkanlah diri untuk mampir ke kafe ini. Tempatnya didekor dengan suasana Belanda tempo dulu. Basically, kafe legendaris ini menyajikan menu masakan Indonesia dan Belanda, mulai dari Nasi Campur Meneer, Batavia Fried Rice yang disajikan dengan sate ayam, tempura, dan ayam goreng, Uitsmijter yang merupakan telur mata sapi khas Belanda dimasak dengan daging asap dan disajikan bersama roti tawar, Bitter Ballen, dan masih banyak lagi.

5. Samarra


Photo: coconutrewards.com

Bila Anda penggemar sate, pasti akan menyukai restoran yang satu ini. Samarra merupakan restoran Indonesia yang dipengaruhi oleh masakan Arab. Signature dish restoran ini adalah The Satay Parade. Uniknya ide menu The Satay Parade ini berasal dari para pedagang sate yang berjualan di desa-desa di daerah Jawa dan Bali. Para tukang sate ini dulunya berjualan berbondong-bondong menjual sate yang berbeda-beda, sambil berparade menarik pelanggan agar membeli sate yang mereka jual. Terinspirasi dari merekalah, akhirnya Samarra membuat menu The Satay Parade. Isi dari menu ini mulai dari sate lilit khas Bali, sate kambing, sate usus, sate kepala ikan, sate ayam, sate daging, sate udang, sate cumi, dan sate kerang. Coba bayangkan semua jenis sate tersebut disajikan dalam 1 porsi besar. Wow!

6. Kembang Goela


Photo: pergikuliner.com

Nah, restoran ini berada di kawasan Sudirman, tepatnya di Plaza Sentral. Menu yang disajikan di sini yaitu makanan Indonesia dan Belanda. Walaupun mengangkat tema tempo dulu, namun dekorasinya dikemas dengan sentuhan kolonial modern. Suasananya nyaman dan pas buat Anda yang hendak meeting sekaligus bersantap siang bersama klien. Beberapa rekomendasi menu yang harus dicoba yaitu Loempia Semarang, Bitter Ballen, Nasi Bakar Cakalang, Nasi Langgi Lima Serangkai, Nasi Goreng Si Pitoeng, Dendeng Balado, Ayam Mevrouw Lientje, Iga Bakar Cabe Ijo, dan Gladakker. Sedangkan untuk dessert, pastikan Anda mencicipi Asem Reges, Broeder Tape, dan Poffertjes. Slurp!

7. Mèradelima


Photo: Indonesian Tatler

Restoran ini didekor dengan perpaduan dua kebudayaan, yaitu Indonesia dan Tionghoa. Nuansa klasik yang kental sudah terasa ketika memasuki fine dining yang satu ini. Mèradelima wajib dimasukan ke dalam salah satu daftar restoran Indonesia peranakan yang wajib dicoba. Sebut saja Nasi Goreng Putri Cina, Ayam Onje, Ayam Kodok, Bihun Pecinan, Oseng Sampek Enthai, Iga Saos Kopi, Empal Bakar Kali Jodo, Gurame 5 Rasa, Cumi Gg. Orpha, adalah beberapa menu sedap yang bisa dijadikan menu bersantap bersama keluarga. Cobalah pesan Lumpia Petak Sembilan dan Salad Entjim sebagai hidangan pembuka. 

8. Plataran


Photo: plataran.com

Menyantap hidangan Indonesia disertai tatanan klasik khas Jawa pastinya akan menambah suasana menjadi lebih terasa Indonesia. Apalagi ditambah dengan hidangan lezat yang memanjakan lidah. Itu semua bisa didapatkan di Plataran. Berada di bilangan Wijaya, Jakarta Selatan, resto ini memiliki berbagai menu makanan Indonesia yang sedap. Kerabu Pucuk Polong, Asinan Sayur Betawi, Lemburi Salad Mangga, Gado-Gado Dharmawangsa adalah beberapa menu pembuka yang wajib dicoba. Sedangkan bila ingin langsung melompat ke hidangan utama, Nasi Goreng Blacan, Mie Goreng Panjang Umur, Mie Godok, Nasi Goreng Kepo, Sup Iga Asam Kunti, dan Sup Jamur Pedas merupakan beberapa pilihan menu yang mantap rasanya. Tertarik untuk mencoba? 

9. Blue Jasmine


Photo: twitter.com

Bisa dikatakan konsep restoran ini adalah semi-fine dining Dekorasinya yang didominasi dengan warna putih dan biru ini memberikan kesan cozy dan cute. Masakannya pun disajikan secara fresh dan memiliki kelezatan tersendiri. Jika Anda memesan menu perorangan, pesanlah Lontong Sayur Medan, Nasi Campur Medan, atau Buntut Rawon, rasanya bikin lidah ketagihan. Atau jika Anda datang bersama teman-teman, bisa mencoba Gurame Goreng Sambal Bunga Kencong, Dendeng Balado Madame Lao, Steak Sirloin Peranakan, Ayam Goreng Belacan, Sayur Asam Iga, dan Ifumie Siam yang nikmat bila dimakan dengan nasi panas-panas dan irisan cabe rawit. Hmmm, yummy!

Share this article?

MUST SEE