CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Alasan Kenapa Anda Harus Mewarnai Adult Coloring Books

By Isny Dewi R

12 October 2020

Mewarnai baik untuk Anda karena pada dasarnya aktivitas ini memang menyenangkan.

Photo source: Pexels
 
 
Buku mewarnai untuk orang dewasa telah menjadi tren terbaru sejak pandemi COVID-19 menyerang dunia, di mana sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Bagi Anda yang belum pernah mencoba, tak ada salahnya untuk mengisi waktu luang selagi #dirumahaja dengan mewarnai.
 
Menurut psikolog klinis, Ben Michaelis, mewarnai adalah aktivitas yang dapat menghilangkan stres karena dapat menenangkan amigdala (pusat rasa takut di otak) dan memungkinkan pikiran Anda untuk mendapatkan istirahat yang dibutuhkan. Selain itu, mewarnai juga memiliki manfaat kesehatan tidak langsung lainnya. PPada akhirnya, mewarnai baik untuk Anda karena pada dasarnya aktivitas ini memang menyenangkan.ada akhirnya, mewarnai baik untuk Anda karena pada dasarnya aktivitas ini memang menyenangkan.
 
Berikut lima alasan mengapa Anda harus kembali membuka pensil warna Anda dan mulai mewarnai coloring book untuk orang dewasa.
 
1. Mengurangi Stres dan Kecemasan
Mewarnai memungkinkan pusat ketakutan di otak Anda untuk rileks, dan tidak hanya saat Anda sedang mewarnai. Memberi amigdala istirahat berkala sebenarnya mengurangi stres Anda secara keseluruhan. Mewarnai adalah aktivitas meditatif dan waktu luang yang dapat Anda jadwalkan, menjadikannya sempurna untuk melatih kembali amigdala Anda agar tidak terlalu keras menanggapi stres.
 
2. Melatih Otak Anda Untuk Fokus
Tetap berada di dalam garis membutuhkan fokus, tetapi tidak terlalu membuat stres. Konselor klinis Leslie Marshall mencatat bahwa aktivitas tersebut "membuka lobus frontal otak (rumah pengorganisasian dan pemecahan masalah) dan memfokuskan pikiran" dengan membiarkan Anda melupakan kekhawatiran Anda.
 
3. Membantu Keterampilan dan Penglihatan Motorik Halus Anda
Mewarnai membutuhkan dua belahan otak Anda untuk berkomunikasi, dan aktivitas itu sendiri meningkatkan keterampilan motorik halus dan penglihatan Anda. "Tindakan melibatkan logika, di mana kita mewarnai bentuk, dan kreativitas, saat mencampur dan mencocokkan warna," kata psikolog Gloria Martínez Ayala.
 
Pada gilirannya, ini "menggabungkan area korteks serebral yang terlibat dalam penglihatan dan keterampilan motorik halus". Buku mewarnai, seperti teka-teki silang, bersifat terapi dan dapat menunda atau mencegah timbulnya demensia pada individu yang lebih tua.
 
4. Membuat Anda Menjadi Diri Sendiri
Buku mewarnai Anda adalah milik Anda. Tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang itu. Anda tidak perlu menunjukkannya kepada orang lain jika Anda tidak mau. Tidak ada yang tahu bahwa Anda tidak sengaja mewarnai kaki kucing dengan warna hijau karena Anda mengira itu bagian dari rumput. Jika Anda ingin mewarnai bebek dengan warna biru, juga tidak apa-apa. Ini adalah waktu Anda, jadi warnai sesuka hati.
 
5. Mewarnai adalah Dekorasi Gratis
Terkadang, cat semprot memang terlalu merepotkan. Namun, setelah Anda mengisi buku mewarnai, Anda dapat menggunakannya untuk semua jenis kerajinan yang mudah, mulai dari dekorasi dinding hingga decoupage (seni memotong dari Prancis).

Share this article?

MUST SEE