CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Anak Stres saat Belajar di Rumah Selama Pandemi? Ini Tipsnya

By Eskanisa R

09 November 2020

Agar anak tidak tertekan saat belajar di rumah.


Bukan hanya orang tua, anak juga ‘dipaksa’ beradaptasi dengan kegiatan belajar yang baru di kala pandemi. Di mana mereka masih harus belajar dari rumah, dikarenakan pemerintah belum mengizikan sekolah untuk kembali dibuka.
 
Diketahui, banyak anak-anak yang mengeluhkan sistem pembelajaran jarak jauh. Selain karena tugas yang lebih banyak, materi yang diajarkan juga lebih sukar untuk diserap.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anak-anak merespons stres dengan berbagai cara seperti marah, gelisah, cemas, menarik diri, dan lain-lain. Lalu, apa yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk dapat membantu anak-anak mereka terhindar dari stres saat belajar di rumah? Berikut tipsnya!

1. Tetap Produktif
Membuat anak tetap produktif dengan melakukan hobinya dapat membantu anak agar tidak merasa terbebani saat belajar di rumah. Manfaatkan hobi anak sebagai penyalur emosi dalam situasi belajar yang cukup sulit di tengah pandemi. Ada banyak juga aktivitas baru yang menarik untuk dilakukan bersama anak seperti memulai hari dengan olahraga pagi dengan lagu favorit anak, sebelum waktu belajar dimulai, untuk meningkatkan suasana hati.

2. Luangkan Waktu untuk Bersosialisasi
Meski tidak dapat bersosialisasi secara langsung dengan teman-temannya, Anda bisa memanfaatkan fitur video call agar anak dapat terkoneksi dengan teman-teman sekolah atau lesnya. Anda bisa mengajak orang tua lain untuk mengadakan conference call, di mana masing-masing anak bisa bercerita mengenai kegiatan selama pandemi agar tidak merasa bosan atau stres.

3. Berikan Hadiah
Memberikan hadiah tidak harus dalam bentuk barang mewah. Anda bisa memasak makanan kesukaan anak, memberikan pelukan atau pujian setiap kali mereka telah menyelesaikan sekolah atau tugas, sebagai bentuk penghargaan. Dengan begitu, anak akan merasa lebih diperhatikan dan dihargai atas hal-hal positif yang telah mereka lakukan.
 

Share this article?

MUST SEE