CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Asinan Betawi Legendaris yang Nikmat dan Murah Meriah

By Eskanisa R

08 September 2020

Cuma 13 ribuan, dijamin ketagihan!

Sumber foto: Shopee
 

Belakangan ini, cuaca panas mungkin membuat Anda mengidamkan makanan berkuah, segar, dan pedas. Asinan Betawi bisa jadi pilihan yang pas dengan paduan rasa asam, manis, dan pedas.
 
Asinan Betawi umumnya berisi sawi, kol, tauge, selada, tahu putih, taburan kacang tanah goreng, kerupuk, mi kuning dan kuah bumbu kacang yang sudah dicampur cabai dan cuka.
 
Salah satu Asinan Betawi yang kami rekomendasikan adalah Asinan Betawi H. Asymuni atau yang dikenal juga dengan nama Asinan Betawi “78” H. Asymuni/H. Udin/H. Tatie. Anda bisa menemukannya di kawasan Pisangan Baru, Jakarta Timur tempat asinan ini dijajakan.
 
Jangan heran jika Asinan Betawi H. Asymuni selalu ramai pembeli, bahkan antreannya sudah mengular sejak pagi hari. Rahasianya ada pada harganya yang murah dan rasanya yang enak, baik untuk asinan sayur maupun buah. Saking ramainya, warung asinan Betawi yang berdiri sejak tahun 1978 ini mampu menjual hingga 3.000 porsi per hari.
 
Bermodalkan uang Rp13.000, Anda bisa membawa pulang sebungkus asinan Betawi untuk dinikmati di rumah. Kedai asinan ini memang tidak melayani makan di tempat. Meski dibawa pulang, rasanya tidak berubah.
 
Satu porsi asinan sayur berisi kol, tauge, mentimun, selada dan tahu putih. Sementara bumbu kacang (kuah) dan sambalnya dibungkus terpisah. Yang membedakan asinan Betawi H. Asymuni dengan warung asinan lain adalah tekstur bumbu kacang (kuah) yang lebih kental. Paduan rasa pedas, asam, dan sedikit manis terasa pas. Jika kurang pedas bisa ditambah dengan sambal yang diberikan.
 
Begitu pula dengan asinan sayurnya, meski hanya berisi nanas, kedondong, dan bengkuang, namun potongan buahnya besar-besar, dijamin puas. Kuah berwarna merah dengan aroma sambal yang pedas, asam, sedikit manis begitu menggoda.

H. Asymuni tidak membuka cabang di tempat lain, bagi yang penasaran bisa langsung mendatangi warungnya atau lewat jasa titip.
 

Share this article?

Place/Address:

Asinan Betawi H. Asymuni
Jl. Pisangan Baru Tengah No. 31, Pisangan Baru, Matraman, Jakarta Timur 13110

Open Hours:

05.30 – 20.00 WIB

More Information:

Phone: 021 – 8511053 / 0816822820

MUST SEE