CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Atasi Cemas dan Stres saat Pandemi dengan Cara Sederhana Ini

By Eskanisa R

06 October 2020

Cara mudah ini bantu cegah cemas dan stres.

Sumber foto: Pixabay
 
Menjaga kesehatan mental di tengah pandemi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Mengingat terus bertambahnya kasus positif COVID-19 di Indonesia, hal ini tentu bisa menimbulkan rasa cemas.
 
Belum lagi anjuran untuk tetap di rumah saja sehingga tidak memungkinkan seseorang untuk bertemu dengan keluarga atau teman seperti biasa. Tidak sedikit orang yang merasa batasan secara fisik dan emosional tersebut seperti beban berat yang bisa berdampak negatif pada kesehatan mental jika tidak segera ditangani. Melansir berbagai sumber, berikut cara sederhana untuk mengatasi rasa cemas berlebih dan stres yang timbul akibat pandemi.

1. Olahraga
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga terbukti baik untuk kesehatan mental. Anda bisa memulainya dari olahraga yang paling ringan dilakukan seperti yoga untuk pemula. Manfaatkan video tutorial yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Naikkan intensitasnya secara bertahap sampai Anda bisa mempertahankan olahraga rutin setiap hari sampai 30 menit.

2. Sibukkan Diri
Sibukkan diri Anda dengan kegiatan menyenangkan. Bisa dengan melakukan hobi atau menjajal aktivitas baru seperti belajar menjahit, main alat musik, menggambar, mengisi teka-teki silang dan kegiatan lain yang melibatkan gerak tangan. Sebab, selama tangan sibuk bergerak, pikiran butuh berkonsentrasi sehingga pikiran Anda akan teralihkan dari hal-hal yang dapat memicu kecemasan.

3. Rutin Bertukar Kabar
Teknologi yang ada saat ini mempermudah Anda untuk berkomunikasi langsung dengan keluarga, teman atau rekan kerja. Luangkan waktu untuk menanyakan kabar mereka, baik melalui pesan singkat, telepon atau bahkan video call. Jangan sungkan bercerita kepada mereka mengenai apapun yang Anda rasakan, dengan begitu Anda bisa jadi sedikit lebih tenang.
 
 

Share this article?

MUST SEE