CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Bantu Hentikan Penyebaran COVID-19 dengan Aplikasi PeduliLindungi

By Eskanisa R

19 July 2020

Partisipasi Anda bantu lindungi orang-orang tercinta.

Sumber foto: PeduliLindungi 

Guna mencegah penyebaran COVID-19 di Tanah Air, Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh secara cuma-cuma melalui App Store maupun PlayStore.
 
Dilansir dari situs PeduliLindungi, aplikasi ini dikembangkan untuk membantu pemerintah melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran COVID-19. PeduliLindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.
 
Setelah diunduh, PeduliLindungi, pengguna diminta mengisi nama lengkap dan nomor telepon. Perlu diingat dan dipastikan bahwa nomor yang diberikan benar-benar aktif sebab akan memengaruhi proses pendaftaran. Selanjutnya, Anda akan diberikan kode OTP untuk verifikasi.
 
Setelah verifikasi, aplikasi ini membutuhkan akses Bluetooth dan GPS. Akses GPS bertujuan untuk mengidentifikasi riwayat perjalanan pengguna. Sementara akses Bluetooth digunakan agar Anda bisa terhubung dengan pengguna lain dalam jangkauan (Bluetooth) yang sama untuk berbagi informasi.
 
Meski demikian, data pengguna hanya bisa diakses jika berisiko tertular COVID-19, yang mana nantinya akan langsung dihubungi oleh petugas kesehatan untuk ditangani. Dengan kata lain, kerahasiaan data pribadi pengguna dijamin aman.
 
Aplikasi ini diharap dapat membantu seseorang yang mungkin tidak dapat mengingat riwayat perjalanannya dan dengan siapa saja ia melakukan kontak fisik untuk mencegah penyebaran COVID-19.
 

Share this article?

MUST SEE