CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Barang Yang Harus Ada Di Dalam Tas Selama New Normal

By Isny Dewi R

13 July 2020

Barang-barang yang harus Anda masukkan ke dalam tas saat harus beraktivitas di luar rumah selama pandemi COVID-19 menurut BNPB.

Photo source: Pixabay
 
Apakah Anda termasuk yang harus kembali beraktivitas di luar rumah? Atau ada keperluan penting yang mengharuskan Anda keluar rumah? Jika ya, maka ada beberapa barang yang harus Anda bawa di masa new normal ini, agar terhindar dari penularan COVID-19.
 

Photo Source: Instagram @bnpb_indonesia
 
Menurut anjuran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), berikut barang-barang yang harus Anda masukkan ke dalam tas saat harus beraktivitas di luar rumah selama pandemi COVID-19.
 
  1. Masker Cadangan
    Selain diwajibkan untuk mengenakan masker, Anda juga diminta untuk membawa masker cadangan. Hal itu disebabkan karena masker kain hanya bisa digunakan maksimal empat jam. Jangan lupa membawa kantung masker untuk menyimpan masker habis pakai.

  1. Hand Sanitizer, Disinfektan Semprot (Ukuran Kecil), dan Sabun Cair
    Jika Anda sedang berada di suatu tempat dengan akses air mengalir dan sabun yang sulit, maka hand sanitizer dapat dijadikan alternatif untuk mencuci tangan. Bawalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 – 70% yang dapat membantu membunuh kuman. Jika memungkinkan, bawa juga disinfektan semprot berukuran kecil untuk membersihkan permukaan atau benda yang akan Anda sentuh.

  1. Tisu Basah dan Kering
    Tisu basah dan kering juga berfungsi untuk membersihkan permukaan atau benda sebelum Anda menyentuhnya. Tisu kering juga bisa dimanfaatkan untuk melapisi masker kain yang Anda kenakan.

  1. Alat Makan dan Botol Minum
    Dengan membawa alat makan dan botol minum sendiri, Anda bisa mencegah penularan virus. Selain itu, membawa botol minum sendiri juga membantu mengurangi sampah plastik sekali pakai yang berasal dari air minum kemasan.

  1. Perlengkapan Ibadah
    Sama halnya dengan membawa peralatan makan sendiri, membawa perlengkapan ibadah sendiri juga mencegah Anda dari penularan virus yang mungkin terjadi melalui perlengkapan ibadah yang digunakan bersama.

    Untuk wanita, Anda bisa membawa mukena dan sajadah sendiri. Sementara pria, bisa membawa sajadah, peci, dan sarung. Saat ini, ada banyak sajadah tipis yang mudah dilipat hingga kecil dan ringan untuk dibawa bepergian.

  1. Totebag untuk yang Suka Belanja
    Alat satu ini bermanfaat untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai. Seperti yang kita tahu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melarang penggunaan kantong plastik pada pusat perbelanjaan. Untuk itu, Anda bisa membawa totebag yang bisa digunakan berkali-kali dan tentunya ramah lingkungan.

  1. Suplemen atau Multivitamin
    Yang satu ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit apapun.

    Anda juga disarankan membawa helm pribadi jika terbiasa menggunakan ojek online. Kenakan juga jaket atau sweater untuk Anda yang bepergian menggunakan transportasi publik.

Share this article?

MUST SEE