CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Baterai jadi Boros Setelah Update ke iOS 14.1? Ini Jalan Keluarnya

By Eskanisa R

03 November 2020

Solusi hemat baterai iPhone.

Sumber foto: Pixabay

Para pengguna iPhone belakangan ini mengeluhkan baterai ponsel mereka cepat habis setelah sistem operasi iOS 14.1 digulirkan.
 
Perlu diketahui, salah satu fitur menarik iOS 14.1 adalah tampilan Widget-nya. Kehadiran berbagai fitur seperti kustomisasi Home Scree, membuat banyak pengguna iPhone tertarik untuk memperbarui sistem operasi perangkatnya. Namun, tidak sedikit pula yang akhirnya menyesal dan mengeluhkan berbagai hal terkait pembaruan tersebut.
 
Bagi pengguna seri lawas seperti iPhone 6s, yang baru saja update OS iOs 14.1 disarankan untuk tidak menggunakan Widget terlalu banyak. Sebab, Widget akan terus memperbarui datanya setiap saat sehingga berdampak pada pengurangan daya baterai.
 
Di samping itu, kecerahan layar menjadi faktor lain yang berdampak pada daya tahan baterai. Untuk menjaga agar perangkat tidak cepat panas sehingga menguras baterai, kurangi kecerahan layar atau atur kecerahan layar secara manual (tidak menggunakan fitur Auto-brightness).
 
Mengutip TCC Rocks, cara lain untuk menghemat baterai iPhone bisa dengan mengaktifkan low power mode di setiap pengisian. Fitur ini mampu mengurangi jumlah daya yang digunakan perangkat saat daya baterai rendah termasuk pengunduhan aplikasi otomatis, penarikan e-mail, dan penyegaran app di latar belakang (Widget). Untuk mengaktifkannya, cukup buka Setting -> Battery -> Low Power Mode.
 
Terakhir, yang sering dianggap sepele tapi sangat penting guna menghemat daya baterai adalah dengan menonaktifkan Location Services atau GPS. Fitur ini memang sangat penting jika Anda sedang mencari alamat atau menggunakan transportasi online, namun jika berada di rumah, sebaiknya matikan fitur Location Services. Caranya, pilih Setting -> Privacy -> Location Services -> geser untuk menonaktifkan.
 

Share this article?

MUST SEE