CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Berencana Menikah di 2021? Ini yang Calon Pengantin Harus Perhatikan

By Eskanisa R

13 January 2021

Solusi untuk mewujudkan impian Anda dan pasangan.

Sumber foto: brides.com

Tahun baru ini Anda mungkin merasa mantap untuk melanjutkan hubungan dengan pasangan ke jenjang pernikahan. Mengingat pandemi Corona yang tak kunjung usai, pernikahan yang digelar pun tentu akan berbeda dengan pesta pernikahan sebelum adanya pandemi.
 
Pesta pernikahan yang jauh lebih sederhana, intim, dan menomorsatukan protokol kesehatan menjadi tren baru yang mau tidak mau harus diikuti oleh pengantin. Melansir Hindustan Times, berikut beberapa hal dan tips yang wajib diperhatikan oleh calon pengantin jika ingin melangsungkan pernikahan di saat pandemi.

1. Pernikahan di Tempat terbuka
Dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di dalam ruangan tertutup, sangat disarankan untuk memilih lokasi prosesi akad nikah dan resepsi di tempat terbuka. Jika terpaksa menggelar prosesi akad dan resepsi di dalam ruangan, sesuai dengan kebijakan baru dalam Surat Edaran tentang Pedoman Pelaksanaan Nikah pada masa pandemi COVID-19 yang dilansir dari setkab.go.id, tamu undangan tidak boleh lebih dari 20 persen dari kapasitas ruangan atau tidak lebih dari 30 orang.

2. Menghindari Prasmanan
Prasmanan merupakan hal yang sangat umum ditemui di berbagai resepsi pernikahan. Namun, untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19, hidangan mau tidak mau disajikan dalam bentuk nasi dus atau diambil dan diantar oleh pelayan.
 
Senada dengan imbauan tersebut, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta juga mengeluarkan 14 aturan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh penyelenggara resepsi pernikahan termasuk penyajian makanan. Masyarakat diimbau untuk tidak menyajikan hidangan dalam bentuk prasmanan, dilansir dari republika.co.id. Pastikan Anda memilih katering atau vendor yang terjamin kebersihannya.

3. Konsep Pernikahan Baru
Pernikahan virtual dan drive thru bisa jadi alternatif menarik dan unik yang kemungkinan juga menjadi tren di tahun-tahun mendatang. Tidak sedikit pengantin yang memanfaatkan aplikasi komunikasi video untuk melakukan resepsi dan terhubung dengan banyak tamu. Konsep pernikahan virtual yang unik memastikan pengantin tetap bisa mengundang banyak tamu dan berinteraksi secara langsung melalui tautan yang dikirim melalui aplikasi konferensi video seperti zoom. Menariknya, dengan adanya pernikahan virtual, pengantin bisa mengundang ratusan tamu sekaligus.
 
Sementara konsep pernikahan drive thru dibuat sangat mirip dengan resepsi pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah tamu undangan tidak diperkenankan turun dari kendaraannya. Mulai dari among tamu, pengantin, sampai hiburan musik semua ada. Ucapan selamat bisa diberikan dari kendaraan masing-masing tanpa harus salaman dan tetap jaga jarak. Selain itu, tidak ada sesi foto dan makan di tempat (prasmanan), namun tamu undangan tetap diberikan konsumsi dalam kemasan.  
 

Share this article?

MUST SEE