CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Mudah Download Video di Twitter

By Isny Dewi R

07 July 2020

Cara men-download video-video di Twitter.

Picture source: Pixabay
 
 
Jika Anda pengguna Twitter, mungkin Anda sering merasa penasaran bagaimana cara menyimpan video-video yang berseliweran di platform media sosial tersebut. Ternyata tidak terlalu sulit untuk menyimpan video-video di Twitter. Berikut caranya:
 
1. Unduh Video Twitter ke PC
Ada dua situs web yang dapat mempermudah Anda men-download video dari Twitter, yaitu SaveTweetVid dan TwitterVideoDownloader.
 
Cara kerja kedua situs tersebut sama. Pertama, buka situs savetweetvid.com atau twittervideodownloader.com. Kemudian, salin tautan (link) tweet yang berisi video yang ingin Anda simpan, tempelkan tautan tersebut di kedua situs. Lalu, klik Download untuk SaveTweetVid. Anda akan diminta untuk memilih dari tiga opsi kualitas video. Klik Download pada kualitas video yang Anda inginkan dan video akan secara otomatis mulai mengunduh. Pada SaveTweetVid, Anda juga memiliki opsi memindai kode QR untuk mengunduh file di ponsel atau tablet.
 
2. Menggunakan Aplikasi untuk Smartphone Android
Pengguna smartphone Android juga bisa mengunduh aplikasi Download Twitter Videos. Setelah selesai menginstal, buka dan pilih pengaturan yang Anda inginkan seperti unduh video pada resolusi tinggi, secara otomatis mulai mengunduh ketika membagikan atau menempelkan tautan ke aplikasi.
 
Setelah itu, buka aplikasi Twitter untuk menemukan tweet yang berisi video yang ingin Anda simpan. Ketuk tombol Bagikan dan pilih "copy link to tweet" atau "share tweet via". Jika Anda memilih untuk menyalin tautan, tutup sementara aplikasi Twitter, lalu buka Download Twitter Videos, dan paste link yang ingin diunduh.
 
Jika Anda memilih “share tweet via”, cari dan ketuk ikon aplikasi Download Twitter Videos di opsi bagikan. Maka, aplikasi akan langsung beralih ke Download Twitter Videos dan mulai mengunduh video.
 
3. Pengguna iPhone dapat Menggunakan Shortcuts App Apple
Aplikasi Shortcuts Apple adalah alat yang sangat berguna untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin atau melakukan hal-hal yang lebih kompleks, seperti mengunduh video dari Twitter.
 
Sebelum Anda dapat menginstal Shortcuts untuk mengunduh video, Anda terlebih dahulu harus menginstal Shortcuts di iPhone atau iPad Anda.
 
Setelah diinstal, buka Pengaturan di ponsel atau tablet Anda dan ketuk Shortcuts di daftar opsi. Ubah pengaturan menjadi Allow Untrusted Shortcuts ke posisi On. Anda harus mengambil langkah ekstra ini untuk menginstal Shortcuts buatan pengguna yang tidak tercantum di bagian Galeri aplikasi Shortcuts.
 
Setelah itu, buka tautan ini di iPhone atau iPad Anda, lalu ketuk Get Shortcut. Aplikasi Shortcut akan terbuka. Cukup gulir ke bagian bawah dan ketuk pada tombol merah berlabel Add Untrusted Shortcut.
 
Anda bisa menemukan Shortcut khusus di ShortcutsGallery.com, yang menyimpan daftar panjang Shortcuts buatan pengguna yang layak untuk diperiksa setelah Anda mengaktifkan dan menjalankannya. Termasuk Shortcut untuk mengunduh video di Twitter.
 
Setelah itu, Anda pun dapat menyimpan video di Twitter hanya dengan beberapa ketukan. Buka aplikasi Twitter dan navigasikan ke tweet yang berisi video yang ingin Anda simpan. Ketuk tombol Bagikan, lalu cari Twitter Video Downloader V2.6 di daftar opsi.
 
Pintasan akan diluncurkan, dan beberapa detik kemudian Anda akan ditanya apakah Anda menginginkan video berkualitas tinggi, sedang atau rendah. Pilih opsi Anda, dan kemudian Shortcuts tersebut akan mulai mengunduh video dari Twitter.

Share this article?

MUST SEE