CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Begini Cara Bermain Gim Among Us

By Isny Dewi R

09 October 2020

Among Us bisa dimainkan secara online dan secara offline menggunakan LAN atau tanpa koneksi internet.

Photo source: Qz.com
 
 
Among Us, game simulasi besutan InnerSloth itu kini mendadak menjadi gim terfavorit bagi masyarakat di berbagai negara. Kepopulerannya berawal saat beberapa gamer di Youtube, forum Reddit, media sosial, dan beberapa kanal lainnya, memainkan gim ini. Terlebih selama pandemi di mana banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya di rumah, membuat Among Us mulai diminati. Selain itu, gim ini bisa diunduh gratis melalui ponsel pintar Anda.
 
Among Us sendiri bisa dimainkan secara online bersama gamer lainnya, dan secara offline menggunakan Local Area Network (LAN) atau tanpa koneksi internet. Dengan catatan, semua pemain, termasuk Anda, harus berada dalam satu jaringan hotspot atau WiFi yang sama.
 
Lantas, bagaimana cara memainkan Among Us beramai-ramai? Simak cara-caranya di bawah ini!
 
1. Bermain Menggunakan LAN
Jika ingin menggunakan LAN, pertama-tama buka gim Among Us dan pilih menu "Local" di halaman utama. Lalu, masukkan nama Anda di kolom teratas dan klik menu "Create Game". Setelah itu, pemain akan dipindahkan ke semacam ruang tunggu (waiting room). Di sini, sang pembuat ruangan (host) dapat meng-klik ikon "Customize" untuk menyesuaikan karakter dengan warna favorit, topi, binatang peliharaan (pet), peta, dan berbagai aturan di dalam game.
 
Untuk teman-teman Anda yang ingin masuk ke dalam ruangan yang Anda buat, mereka hanya perlu masuk ke game Among Us, klik menu "Local", dan pilih ruangan yang terdaftar di dalam kolom "Available Games". Pastikan lagi Anda dan teman-teman Anda menggunakan jaringan hotspot/WiFi yang sama. Karena jika tidak, maka teman-teman Anda tidak dapat menemukan ruangan yang Anda buat tadi.
 
2. Bermain secara Online
Tapi jika Anda tidak ingin berkumpul di satu ruangan yang sama dengan teman-teman Anda karena pandemi, tenang saja, Anda masih bisa memainkan gim ini secara online. Caranya pun mudah. Pertama-tama, masuk ke game Among Us dan klik menu "Online". Lalu, pilih server yang Anda inginkan seperti Asia, Amerika Utara, atau Eropa. Kami sarankan, Anda bermain di server Asia. Pasalnya, semakin jauh server dengan tempat tinggal Anda, maka ada kemungkinan koneksi internet akan terganggu.
 
Setelah memilih server, klik menu "Create Game". Selanjutnya, pilih salah satu dari tiga tempat (map) yang tersedia, lalu pilih jumlah impostor, pengaturan chat, dan jumlah pemain Kemudian, klik "Confirm". Sama seperti menggunakan LAN atau offline, Anda akan dipindahkan ke waiting room. Di sini, pastikan ruangan tersebut dalam mode "Private" bukan "Public".
 
Kemudian, bagikan enam karakter unik yang yang berada di bawah teks "Code" kepada teman-teman Anda. Deretan kode tersebut terletak di bagian bawah, tepatnya di bawah tombol "Start". Jika teman Anda ingin bergabung, mereka hanya perlu masuk ke game Among Us, klik tombol "Online", dan masukkan kode berupa enam karakter yang sebelumnya sudah dibagikan.
 
Terakhir, klik ikon tanda panah di sebelah kanan kolom kode. Apabila berhasil, teman-teman Anda akan langsung dipindahkan ke ruang tunggu yang sudah Anda buat. Pastikan server yang teman Anda pilih sama dengan server ruangan yang Anda buat. Jika salah, teman Anda tidak akan bisa menemukan ruangan tersebut, meski kode yang dimasukkan sudah benar.

Share this article?

MUST SEE