CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Melindungi Diri dari Virus Corona

By Isny Dewi R

04 February 2020

Saran dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk melindungi diri dari virus Corona agar tidak menyerang Anda.

Tak membutuhkan waktu lama, virus Corona berhasil membuat dunia gempar. Jenis virus baru ini awalnya hanya menyerang Tiongkok, namun kini telah menyebar ke berbagai negara, termasuk beberapa negara di Asia Tenggara.

Pada Jumat (31/1) lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan situasi darurat global atas penyebaran virus Corona atau yang dikenal dengan nama 2019-nCoV. Virus ini menyebabkan gangguan kesehatan serius.

Beberapa gejala yang dialami oleh orang-orang yang terinfeksi antara lain demam, batuk, dan sesak napas. Pada kasus yang lebih parah, virus ini dapat menyebabkan pneumonia (kondisi di mana seseorang mengalami infeksi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru - halodoc).

Hingga saat ini, belum ada obat atau vaksin yang dapat menyembuhkan 2019-nCoV. Kendati demikian, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri agar tidak terinfeksi.

Umumnya, virus menyebar melalui tetesan air liur yang mengenai orang lain, lalu menyebar. Dilansir dari Healthline, menurut ahli kesehatan dari Northwell Health, New York, Amerika Serikat, Eric Cioe-Pena, perlindungan terbaik adalah dengan mencuci tangan dan berhati-hati saat kontak wajah dengan seseorang.

Berikut saran dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk melindungi diri dan mencegah virus Corona.

1. Sering mencuci tangan setidaknya selama 20 detik dengan sabun. Jika Anda sedang bepergian, gunakan sabun cuci tangan berbasis alkohol yang dapat bekerja tanpa air.

2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

3. Tetap berada di rumah saat sakit.

4. Tutup mulut saat batuk atau bersin dengan tisu dan buang tisu ke tempat sampah.

5. Bersihkan benda dan permukaan yang sering Anda sentuh.

Virus corona dapat dicegah dengan kondisi badan sehat dan imunitas yang baik. Selain itu, WHO juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi daging setengah matang. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker wajah saat bepergian.

Top Picture Source: Instagram @kemenkes_ri

Share this article?

MUST SEE