CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Gampang Membuat Mashed Potato

By Isny Dewi R

19 November 2020

Resep mudah mashed potato dengan kulit.

Photo source: Pexels
 
 
Mashed potato atau kentang tumbuk selama ini dikenal sebagai makanan pendamping steak. Tapi sebenarnya tak hanya itu, mashed potato juga bisa dimakan sebagai pengganti nasi, karena memberikan rasa kenyang yang bertahan lama.
 
Mashed potato sendiri ada dua versi, mashed potato tanpa kulit dan berkulit. Sebagian besar orang barat lebih menyukai kentang berkulit karena mashed potato akan terasa sedikit lebih kasar. Melansir The Spruce Eats, kulit kentang sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Jika Anda tertarik membuatnya sendiri di rumah, pastikan kentang berkulit dibersihkan dengan baik sebelum dimasak. Berikut resep mashed potato mudah yang dilansir dari All Recipes.
 
Bahan:
2 pon (906 gr) kentang panggang, kupas dan potong menjadi empat
2 sendok makan mentega
1 cangkir (250 ml) susu
Garam dan merica secukupnya
 
Cara membuat:
  1. Didihkan air yang sudah diberi sedikit garam. Masukkan kentang, masak hingga empuk tapi jangan sampai terlalu lembek. Rebus sekitar 15 menit, angkat dan tiriskan kentang.
 
  1. Panaskan mentega dan susu di dalam panci dengan api kecil sampai mentega meleleh. Jika sudah, campur ke dalam kentang yang sudah direbus sambil menghancurkan kentang. Untuk menghancurkan kentang, Anda bisa menggunakan garpu atau mixer.
 
  1. Campur secara perlahan hingga kentang menjadi halus dan lembut. Lalu, bumbui kentang tumbuk dengan garam dan merica, untuk menambah rasa.

Share this article?

MUST SEE