CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Cara Memilih Lampu yang Tepat untuk Setiap Ruangan di Rumah

By Eskanisa R

22 October 2020

Agar lebih nyaman beraktivitas di dalam rumah.

Sumber foto: Pixabay
 
Selain untuk penerangan, lampu juga berfungsi untuk mempercantik tampilan ruangan rumah. Tak hanya bentuk dan desain, warna lampu juga sangat berpengaruh untuk memberikan nuansa hangat dan nyaman di dalam ruangan. Berikut tips dan trik memilih lampu yang tepat di setiap ruangan rumah yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Warna
Melansir Dekoruma, setiap warna lampu menciptakan nuansa berbeda. Sebagai contoh, lampu berwarna kuning yang disarankan untuk dipasang di ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar mandi. Sinar (lampu) berwarna kuning mampu merangsang seseorang untuk beraktivitas. Sementara itu, lampu berwarna putih pada ruang kerja atau ruang keluarga berfungsi untuk menghadirkan kesan ceria. Ada pula lampu berwarna putih kebiruan yang umum dipasang dalam kamar tidur atau ruang keluarga untuk menghadirkan suasana rileks.

2. Ukuran
Untuk ruangan kecil, pilih lampu hemat energy (LED) yang watt-nya juga tidak terlalu besar, sebab jika terlalu terang berisiko menyilaukan mata. Selain itu, tujuan lain untuk menghindari kesan ruangan yang sesak. Sehingga sangat disarankan untuk memilih warna dan ukuran yang nyaman di mata.

3. Fungsi Ruang
Ruang utama seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan ruang tidur tentu membutuhkan tipe pencahayaan khusus. Sebagai contoh, penempatan lampu dengan desain menarik di ruang tamu tentu membuat orang yang datang terasa seperti “dijamu” sebelum masuk ke ruangan lain. Lampu interior tipe general lighting sangat umum digunakan untuk ruangan-ruangan tersebut. Biasanya lampu interior tipe ini terletak di bagian tengah ruangan agar seluruh ruangan tampak jelas.

Share this article?

MUST SEE