CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Cara Mencegah Penularan COVID-19 Lewat Udara

By Eskanisa R

03 August 2020

Cara sederhana melindungi diri dari COVID-19 yang dianggap mampu menyebar lewat udara.

Sumber foto: Pixabay

Setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyinggung adanya kemungkinan penularan virus Corona lewat udara dalam ruangan tertutup berpendingin berdasarkan kemunculan bukti baru, Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan cara agar terhindar dari penularan virus melalui udara sebagai berikut (dilansir dari situs resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19):

1. Selalu memakai masker selama berada di luar rumah, di tempat umum termasuk ruangan kantor. Ganti masker setiap empat jam sekali atau apabila terasa lembap dan basah agar terhindari dari bakteri, kuman, dan virus. Jangan menurunkan masker ke dagu. Jika ingin mencopot pastikan hanya memegang tali, jangan menyentuh mata, hidung dan mulut.

2. Selalu menjaga jarak saat berada di dalam ruangan dan hindari ruangan yang terlalu banyak orang.

3. Tidak memegang benda atau permukaan yang dipegang orang lain. Jika terlanjur memegang, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer.

4. Bersihkan permukaan benda yang sering digunakan dengan cairan desinfektan secara teratur.

5. Saat berada di ruang atau tempat bekerja, disarankan menggunakan air purifier untuk menghilangkan virus dan bakteri di udara. Jika beraktivitas di luar rumah (bukan dalam ruangan), usahakan terpapar cahaya matahari.

Share this article?

MUST SEE