CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Begini Cara Mencuci Masker Kain yang Tepat

By Isny Dewi R

09 Jun 2020

Top photo source: Pixabay


Seiring dengan pandemi COVID-19 yang belum berakhir dan akan diberlakukannya new normal, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker (khususnya masker kain) saat beraktivitas di luar rumah.
 
Menggunakan masker kain merupakan salah satu upaya mencegah penularan virus corona, yang tentunya juga harus dikombinasikan dengan tindakan pencegahan lainnya seperti rajin mencuci tangan dan menerapkan physical distancing.
 
Masker kain sendiri merupakan masker yang dapat digunakan kembali. Namun, agar masker kain aman untuk digunakan kembali, Anda disarankan untuk mencuci masker tersebut setelah menggunakannya. Mencuci masker kain pun tidak bisa sembarangan untuk mencegah kerusakan serat kain dan menjaga efektivitas masker. Berikut cara mencuci masker kain yang benar dilansir dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention).
1. Lepas masker kain dengan benar dan cuci lah tangan setelah memegang atau menyentuh masker kain yang baru digunakan.

2. Campurkan lima sendok makan (1/3 gelas) larutan pemutih atau detergen dengan air bersih bersuhu ruangan.

3. Produk pemutih atau detergen yang aman pada pakaian berwarna, mungkin tidak cocok untuk mencuci masker kain. Pastikan juga produk pemutih atau detergen tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Jangan sekali-kali mencampur pemutih dengan amonia atau pembersih lainnya seperti detergen.

4. Rendam masker kain dalam larutan pemutih atau detergen selama 5 menit. Jika ingin mengucek masker, disarankan untuk tidak terlalu kuat.

5. Bilas bersih dengan air dingin atau air dengan suhu kamar.

6. Gantung masker kain di luar rumah dan biarkan benar-benar kering. Jika memungkinkan, letakkan masker di bawah sinar matahari langsung.

Share this article?

MUST SEE